Planet 21 Novotel Kembangkan Kebun Percontohan dan Pengolahan Sampah

Planet 21 merupakan komitmen AccorHotels untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan serta menjaga lingkungan hidup.

Planet 21 Novotel Kembangkan Kebun Percontohan dan Pengolahan Sampah
bangkapos/khamelia
Karyawan Novotel Bangka menunjukkan proses pengolahan sampah dalam acara Planet 21.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Memperingati hari Planet 21 dan hari bumi sedunia pada tanggal 22 April 2016, Novotel Bangka menggelar acara di kebun Planet 21 yang berlokasi di Soekarno Hatta, Selasa (12/4).

Acara dihadiri undangan dinas/instansi, siswa, mahasiswa, perusahaan ritel dan sejumlah perwakilan hotel.

Planet 21 merupakan komitmen Accor Hotels untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan serta menjaga lingkungan hidup.

"Pada hari Planet 21 kita melakukan gerakan penghematan energi dengan menggunakan peralatan yang hemat energi dan ramah lingkungan," ujar GM Novotel Bangka, Toat Edi Wijaya kepada bangkapos.com di sela acara.

Toat menjelaskan tujuh pilar Planet 21 adalah pengendalian sampah, local culture, pembaharuan energi, suplayer lokal, child abuse dan trafficking.

"Kebun yang kita kelola ini bagian dari program Planet 21, kebun ini bisa menjadi sarana pendidikan dan penelitian bagi anak-anak sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum," ujar Toat.

Novotel juga mengajak perusahaan dan hotel dalam hal pengelolaan sampah.

"Untuk perusahaan penghasil sampah mereka bisa mengirimkan sampahnya ke kebun kita untuk diproses menjadi pupuk, dan hasilnya bisa dikembalikan kepada mereka untuk dimanfaatkan," jelas Toat.

Kebun Planet 21 berada di atas lahan seluas 8000 meter persegi. Kebun ini ditanami kangkung, seledri, daun ketumbar, sawi, pokcoy, bayam, cabai, jahe, aneka buah-buahan dan tanaman hias.

"Tanaman yang ditanam bersifat cepat panen dan mudah dijangkau tangan, hasil dari kebun ini sebagian kita gunakan untuk operasional hotel," ujarnya.

Selain mengelola tanaman, di tempat ini juga mengelola sampah organik yang dilengkapi fasilitas lima lubang kompos, mesin pencacah, mesin penyaring, gazebo untuk sholat, kandang ayam dan pembiakan lele. Kebun ini seluruhnya dikelola oleh karyawan

"Planet 21 ini juga bertujuan mengedukasi karyawan akan pentingnya menjaga kesinambungan alam," pungkasnya.

Sebagai green hotel di Indonesia gerakan Planet 21 yang dilakukan oleh Novotel juga bermanfaat sebagai sarana promosi kepada tamu luar negeri bahwa produk yang mereka beli adalah ramah lingkungan.

"Novotel pemegang sertifikat ISO 2001 terus berupaya menumbuhkan semangat ramah lingkungan baik untuk perusahaan maupun masyarakat luas," ujar Toat.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved