Menteri Rini Soemarno Disebut-sebut Terkait Koruptor China

Ji Wenlin dan Zhou Yong Kang diberitakan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Pemerintahan Jokowi, melalui Rini Soemarno.

Kompas.com
Rini Soemarno 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Aparat China memeriksa intensif mantan Gubernur Provinsi Hainan, Ji Wenlin, sejak pertengahan Januari 2016.

Dari pemeriksaan, ada temuan mengejutkan bahwa selama hampir 8 tahun Ji Wenlin bekerjasama dengan Zhou Yong Kang dari Komite Sentral Partai Komunis China mengatur banyak proyek di berbagai negara.

Ji Wenlin dan Zhou Yongkang mendapatkan Komisi Fee dari perusahaan perusahaan China mendapatkan proyek di berbagai negara Asia sekitar 10 persen sampai 20 persen dari setiap proyek.

Salah satu perusahaan yang sering membantu adalah China Rail Way Construction Limited.

Ji Wenlin. (newsweek.com)

Situs Brunei Direct menulis, Senin (11/4/2016), berdasarkan laporan Reuters menulis bahwa Ji Wenlin dan Zhou Yong Kang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Pemerintahan Jokowi, melalui Rini Soemarno, yang disebut memiliki jabatan menteri paling menentukan dalam pembangunan kereta api di Indonesia.

Pada bulan Januari 2016, juga dilaporkan Ji Wenlin mengatur remittance sebesar 5 juta dolar AS melalui Rini Soemarno.

Selain Indonesia, Wenlin juga memainkan proyek di India. Dia kenal dekat mantan Perdana Menteri Manmohan Singh. Koneksi ini dia manfaatkan untuk memuluskan tender perusahaan China di beberapa tambang batu bara.

Sedangkan di Thailand, Wenlin aktif menyuap Pejabat polisi bernama Pongpat Chsyapa untuk mengamankan pembangunan jalur kereta sejak 2006, supaya dimenangkan BUMN China.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved