Susur Sungai Mendo, Destinasi Wisata Baru Perpaduan Wisata Alam dan Sejarah

Puluhan peserta melakukan ekpedisi Susur Sungai Mendo dan Prasasti Kota Kapur Desa Mendo Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka.

Susur Sungai Mendo, Destinasi Wisata Baru Perpaduan Wisata Alam dan Sejarah
Bangkapos.com/Iwan Satriawan
Tim eksedisi sedang menyusuri Sungai Mendo Desa Mendo Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung yang dipenuhi pohon nipah, Sabtu (16/4/2016). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Matahari pagi, Sabtu (16/4/2016) baru saja menampakkan sinarnya, namun di rumah adat Melayu Bangka milik Datuk Emron Pangkapi di Jalan Balai Pangkalpinang sudah dipadati puluhan ‎peserta ekpedisi Susur Sungai Mendo dan Prasasti Kota Kapur sudah bersiap berangkat menuju Desa Mendo Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka.

Puluhan peserta di antaranya terdapat 12 orang wisatawan yang datang khusus dari Jakarta dan sejumlah tokoh masyarakat Bangka yang tergabung dalam komunitas Peduli Kampung (PEKA) dan sejumlah tokoh lainnya seperti mantan Bupati Bangka Yusroni Yazid dan Direktur PT Timah M Risky.

Tim ekspedisi susur Sungai Mendo sedang menyusuri alur sungai yang dipenuhi tanaman Rasau, Sabtu (16/4).(bangkapos/iwan satriawan)

Mereka bersama-sama menempuh satu jam perjalanan dari Pangkalpinang ke Desa Mendo.

Sesampainya di dermaga Desa Mendo‎, atraksi tarian Tari Kedidi yang dipersembahkan warga Desa Mendo langsung menyambut kedatangan rombongan.

‎Disini, empat buah perahu motor sudah menunggu dan selanjutnya secara beriringan rombongan memulai ekspedisi menyusuri Sungai Mendo hingga muara sungai yang terletak di Desa Kota Kapur.

"Subhanallah indahnya," seru Doni salah satu peserta ekspedisi mengungkapkan kekagumannya melihat vegetasi tanaman Rasau ‎ yang ada di sepanjang perjalanan dari Dermaga Mendo menuju Sungai Mendo.

Vegetasi tanaman Rasau atau sejenis Pandan Air ini memenuhi kiri kanan jalur pelayaran menuju Sungai Mendo hingga satu jam perjalanan.

Halaman
123
Penulis: tidakada016
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved