Breaking News:

Pungutan Rp 2000 untuk Keamanan Parkir saja Desa Tak Berani Terima Setoran

Kades Berbura Asmiati menandaskan, kalau di pungutan Rp Rp 2.000, untuk pengunjung air terjun Bukit Maras, itu kemungkinan untuk kepentingan akses jal

Editor: Hendra
Bangka Pos / Riyadi
Kepala Desa Berbura Asmiati. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kades Berbura Asmiati menandaskan, kalau di pungutan Rp Rp 2.000, untuk pengunjung air terjun Bukit Maras, itu kemungkinan untuk kepentingan akses jalan. Karena jalan menuju lokasi obyek wisata air terjun, sebenarnya jalan kebun masyarakat.

Pungutan itu juga, kemungkinan hanya untuk uang keamanan parkir sepeda motor, untuk penjaga atau penunggu sepeda motor.

Sepeda motor yang diparkir harus ditunggu, karena masyarakat dan Pemdes Berbura tidak mau terjadi kehilangan kendaraan sepeda motor yang diparkir di lokasi yang disiapkan.

"Desa kami nggak mau, jadi tempat komplain lagi, masak hilang sepeda motor di bawah lokasi, terus mau minta ganti rugi ke dusun atau desa kami, waktu itu kan orang asal masuk ke lokasi air terjun, sepeda motornya juga diparkir sembarangan, apalagi waktu itu belum ada warga yang berinisiatif menjaga parkiran, jadi kalau toh ada bayar Rp 2000, itu mungkin hanya untuk kepentingan keamanan parkir kendaraan saja," ujar Asmiati kepada bangkapos.com Senin (9/5/2016).

Asmiati menegaskan, desa juga tidak pernah menerima setoran, dari yang dipungut di lokasi.

Desa tidak mungkin akan menerima masukan atau setoran, karena tidak ada dasar hukum yang melandasinya.

"Nggak berani lah, kami ngambil, karena kami nggak punya dasar aturannya, yang Rp 2.000 itu tidak menutup kemungkinan bisa terjadi, bisa saja untuk kepentingan akses jalan dan penjaga parkir. Dulu pernah ada kehilangan sepeda motor, lalu yang kehilangan mengadu ke dusun dan desa, lha bagaimana mau mengganti, mereka dulu masuk ke lokasi saja kadang tanpa laporan, nggak izin, tapi sekali kehilangan nuntut kami," ungkap Asmiati.

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved