Pendidikan

Pilih Kampus yang Tepat, Ini Peringkat Perguruan Tinggi

Peringkat kampus yang Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mencakup 3.300 kampus di Indonesia, baik PTN maupun swasta PTS.

Pilih Kampus yang Tepat, Ini Peringkat Perguruan Tinggi
Ilustrasi 

BANGKAPOS.com - Sebanyak 98 perguruan tinggi negeri (PTN) menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Nah lulusan SMA yang belum berhasil masuk PTN lewat SNMPTN, bisa mencoba jalur SBMPTN yang menyediakan 30 persen dari daya tampung kampus.

Sebelum menentukan program studi yang akan dipilih, sebaiknya calon mahasiswa memperhatikan peringkat kampus se-Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui surat bernomor 492.a/M/KP/VIII/2015.

Peringkat kampus yang Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mencakup 3.300 kampus di Indonesia, baik PTN maupun swasta PTS.

Nah dari 98 PTN yang dibagi dalam empat wilayah ini, tak semuanya bagus. Bahkan ada PTN ini peringkat 3000-an.  

Selain itu, peringkat ini tidak mengakomodir universitas islam yang sebelumnya bernama IAIN. Dulunya kampus ini memang di bawah pengawasan Kementerian Agama.

Padahal dalam SBMPTN 2016, terdapat beberapa kampus eks IAIN yang tersebar di beberapa provinsi. Seperti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Nah untuk mengecek peringkat kampus yang belum ada di daftar peringkat yang dikeluarkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, bisa digunakan akreditasi yang diterbitkan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi. 

Tapi ingat yang diberikan BAN PT adalah akreditasi bagi institusi maupun akreditasi program studi yang dibuka. Bukan peringkat.

Misalnya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN) Sumut menurut BAN PT mendapat akreditasi C. Sedangkan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati mendapat akreditasi B.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved