BUMD Raih Penghargaan Nasional, Gubernur Babel: Saya Selalu Utamakan Usaha Lokal

badan usaha di Babel dinilai sudah dikelola secara modern, profesional, dan memiliki daya saing tinggi sehingga tercipta iklim kondusif

BUMD Raih Penghargaan Nasional, Gubernur Babel: Saya Selalu Utamakan Usaha Lokal
Bangka Pos / Evan Saputra
Gubernur Babel, Rustam Effendi

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi akan selalu mengutamakan kemajuan bisnis lokal dari Bangka Belitung dan sekitarnya agar memajukan ekonomi domestik.

Selain itu, Bang Rustam, sapaannya, juga selalu berusaha meningkatkan performasi dengan memberikan tantangan dan target yang terjal, sehingga perusahaan pelat merah mau berjibaku dan bekerja keras.

"Saya ambil contoh pas dulu awal ada Sriwijaya Air. Saya hanya mau naik pesawat itu ya Sriwijaya Air, sekalipun ditawarin yang maskapai lebih senior. Tapi alhamdulilah kan akhirnya maju juga sekarang," katanya di Neptune Restoran, Pasirpadi, Rabu (18/6/2016) malam.

Dengan keteguhan sikap dan kebijakan tersebut, penghargaan prestius kemudian direngkuh Bang Rustam pada 5 Mei 2016 di Jakarta lalu sebagai Top Pembina BUMD Terbaik dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bekerjasama dengan konsultan bisnis ternama, Dunamis, dan Majalah Businessnews Indonesia.

Selain Rustam, Top Pembina BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) 2016 diraih pula Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Untuk kategori Top BPD dan BUMD 2016 diraih Bank Sumselbabel sementara Top CEO 2016 disabet Dirut Bank Sumselbabel Muhammad Adil.

Menurut dia, konsideran penghargaan diberikan antara lain selain karena bisa mengoptimalkan perusahaan dalam berbagai keterbatasan, juga dianggap sudah sejalan Nawacita No.3 yakni Membangun Indonesia dari desa dan daerah.

"Selain itu, apa yang kami lakukan di Babel, itu dinilai telah sejalan Nawacita No.6 yakni membangun produktivitas rakyat dan daya saing serta Nawacita No.7 yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik," katanya.

Pertimbangan lain adalah badan usaha di Babel dinilai sudah dikelola secara modern, profesional, dan memiliki daya saing tinggi sehingga tercipta iklim kondusif secara berkesinambungan.

"Menurut penyelenggara, penilaian dilakukan melalui metode survey, wawancara, dan kuisioner terhadap ribuan BUMD untuk kemudian disortir menjadi 200 BUMD pada tahap pertama. Tahap kedua dari 200 ke 50, dan akhirnya muncul lima pemenang saja, termasuk Top Pembina BUMD 2016 kepada Babel," katanya.

BUMD Babel
Bang Rustam menjelaskan BUMD milik Pemprov yakni PT Jamkrida (Jaminan Kredit Daerah) Babel dan PT B3S (Bumi Bangka Belitung Sejahtera), yang mana keduanya relatif lebih sehat dan progresif pada saat ini.

Jamkrida yang baru berdiri sejak 29 September 2014 ini sudah menjaminkan nasabah produktif sektor usaha kecil menengah (UKM) total 572 nasabah dengan penjamin produktif sebesar Rp95,896 miliar. Untuk non produktif sebanyak 901 nasabah senilai Rp68,72 miliar.

Produknya pun beragam, mendekati jamkrida daerah lain yang lebih lama eksis, seperti kredit usaha mikro, kredit usaha kecil pedesaan berpenghasilan tetap, kredit serba guna, hingga surety bond.

Dengan kemajuan pesat ini, saham Pemprov Babel diproyeksikan akan jadi Rp22,5 miliar setelah akhir Desember 2015 sebesar Rp17,5 miliar atau ada penambahan modal Rp5 miliar," tambah Dirut PT Jamkrida Babel Erlan Hadi Susanto.

Sementara itu, Dirut PT B3S Sandy S. Saputra mengatakan, sejak diamanati dirut pada akhir tahun lalu, derap kencang langsung dilakukan. Dari kas minus dan tersisa dua karyawan, kini keuangan sudah relatif sehat dengan jumlah karyawan mendekati 25 orang.

"Kami yang memfasilitasi Bluebird beroperasi di Pangkalpinang dengan 25 unit tahap awal dan ke depan bisa sampai 200 unit. Kami juga terus menjalin kerjasama dengan PT Timah agar bisa menjadi mitra dengan memberdayakan masyarakat pribumi," pungkasnya. (*)

Penulis: Hendra
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved