Budi Gunawan Banyak Dukungan di Internal Jabat Kapolri

Nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan kembali dijagokan menjadi calon terkuat Kapolri.

Budi Gunawan Banyak Dukungan di Internal Jabat Kapolri
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Wakapolri, Komjen. Pol. Budi Gunawan (kiri) mendampingi Kapolri, Jenderal Pol. Badrodin Haiti, dalam acara silaturahmi Polri bersama keluarga korban teror Thamrin di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Meski sempat gagal menjadi Kapolri, kini nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan kembali dijagokan menjadi calon terkuat Kapolri.

"Menurut kajian Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), peluang para jenderal bintang tiga sama kuatnya. Tergantung mana yang disukai Presiden," ungkap Direktur‎ Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan, saat dihubungi, Jumat (3/6/2016).

Edi menuturkan yang terpenting, nanti siapapun yang terpilih menjadi Kapolri, ke depan harus bisa membuat masyarakat merasa aman dan nyaman serta bisa ‎menjaga Harkamtibmas.

Selain itu, Kapolri yang terpilih juga diharapkan bisa membawa perubahan bagi Institusi Polri ke arah yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

Disinggung soal apakah Komjen Budi Gunawan masih berpeluang terpilih menjadi Kapolri, hal itu diamini oleh Edi.

"Pak Budi Gunawan sangat berpeluang, dia bagus dan punya komitmen jelas. Di internal Polri juga diterima bagus dan kuat. Kami harap presiden tidak perlu ragu jika beliau dinilai layak, silahkan ajukan ke DPR‎," tutur Edi.

Edi menambahkan selama menjabat sebagai Wakapolri, kinerja Budi Gunawan juga tergolong bagus, khususnya dalam berkoordinasi dengan Kapolri.

"Dalam catatan Lemkapi, antara Kapolri dan Wakapolri selama ini koordinasinya cukup bagus. Mereka saling mengisi dan mendukung," tambahnya.

Catatan Tribunnews.com di lingkungan Polri ada sejumlah jenderal bintang tiga yang layak diperhitungkan menjadi calon Kapolri, mereka yakni:

Komjen Budi Gunawan (Akpol 1983 dan baru akan pensiun 2017), Kalemdikpol Komjen Syafruddin (Akpol 1985 dan baru pensiun 2019), dan Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno (Akpol 1984 dan pensiun 2019).

Kemudian Irwasum Komjen Dwi Priyatno (Akpol 1982 dan pensiun 2017, Sestama Lemhanas Komjen Suhardi Alius (Akpol 1985 dan pensiun pada 2019), Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Akpol 1984 dan pensiun 2019 dan Kepala BNPT, Tito Karnavian ‎(Akpol 1987 dan pensiun 2022).

Terakhir ada pula Irjen Ari Dono (Akpol 1985), Kabareskrim Polri yang dalam waktu dekat ini akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang tiga atau Komjen.

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved