Jalan Kaki 3 Km di Tengah Panas Terik Matahari, Peserta Pawai Taaruf Semangat Sambut Ramadan

Santri TPA, pelajar SD, SMP dan SLTA mengikuti pawai taaruf menyambut Bulan Suci Ramadan.

Jalan Kaki 3 Km di Tengah Panas Terik Matahari, Peserta Pawai Taaruf Semangat Sambut Ramadan
Dok Humas Pemkab Bangka
Sekda Bangka H Fery Insani saat melepas peserta pawai taaruf menyambut Bulan Suci Ramadan 1437 Hijriah di depan Rumah Dinas Bupati Bangka, Sabtu (4/6/2016).

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Panas terik matahari tidak mengendorkan semangat para santri Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) dan para pelajar SD, SMP dan SLTA, Sabtu (4/6/2016) saat mengikuti pawai taaruf menyambut Bulan Suci Ramadan 1437 Hijriah di Kabupaten Bangka.

Padahal jalanan yang mereka tempuh cukup jauh sepanjang tiga kilometer melalui rute, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di THR Batin Tikal.

Mereka mengenakan baju koko, baju kurung maupun pakaian adat Bangka serta membawa spanduk maupun antribut yang mengajak umat muslim untuk menjalani ibadah puasa dengan khusuk.

Untuk memeriahkan pawai taaruf ini menampilkan marching band dan sebagian peserta juga membawa alat musik rebana yang melantunkan lagu–lagu bernuansa Islam disepanjang rute yang dilalui.

Peserta pawai taaruf ini di lepas Sekda Bangka H Fery Insani dari depan rumah dinas Bupati Bangka yang juga dihadiri kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Kabag Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka H Rahmani mengakui tingginya semangat para santri TPA maupun para pelajar yang menjadi peserta pawai taaruf.

"Semangat anak–anak kita cukup tinggi, walau panas mereka tetap bersemangat, sebagian juga membawa alat musik rebana," ungkap Rahmani melalui rilis Bagian Humas PDE dan Santel Setda Bangka kepada bangkapos.com.

Menurutnya pawai taaruf ini diikuti 31 regu diantaranya lima marching band, selebihnya merupakan siswa SD, SMP, SMA, santri TK/TPA.

Di kesempatan lain, Bupati Bangka H Tarmizi Saat atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bangka mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa bagi ummat Islam yang menjalankannya.

"Kepada umat agama lain, untuk dapat menghormati dan menghargai ummat yang sedang menjalankan ibadah puasa," imbau Tarmizi.

Dia berpesan agar masyarakat menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Bangka sehingga tidak mengganggu kekhusukan ummat yang sedang berpuasa.

Terkait penetapan 1 Ramahan 1437 H, dijelaskan Tarmizi akan menunggu keputusan pemerintah melalui Menteri Agama.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Bangka selama bulan suci Ramadhan 1437 H akan melaksanakan Safari Ramadan, yang sudah terjadwal sebanyak 11 tempat di wilayah kabupaten Bangka diantaranya akan diawali Rabu (8/6/2016) di Masjid Darusalam Kecamatan Bakam yang akan dihadiri Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Sekda Bangka H Fery Insani, para Asisten, Staf Ahli dan kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bangka.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved