Tips Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat dengan Cara Efektif

Sakit Kepala adalah gangguan kesehatan ringan yang banyak terjadi dan sering dialami semua orang.

Tips Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat dengan Cara Efektif
SHUTTERSTOCK/KOMPAS.COM
Untuk sakit kepala skala ringan, menyesap kopi yang mengandung kafein bisa jadi obat yang manjur.

BANGKAPOS.COM-Sakit Kepala adalah gangguan kesehatan ringan yang banyak terjadi dan sering dialami semua orang.

BACA : VIDEO : 10 Maskapai Penerbangan dengan Pramugari Tercantik di Dunia

Penyakit yang ringan ini kerap kali datang di kala kita kecapean atau pun kehujanan di jalan. Sakit kepala biasanya di iringi dengan pusing sebentar hingga migrain yang sangat menyakitkan.

BACA : Menjaga Tubuh Tetap Bugar Meski Seharian di Kantor, Ikuti 5 Tips Cara Ini

Nah jika sakit kepala yang Anda alami parah, maka jangan di tunda sebaiknya cepat-cepat dibawa ke dokter, karena sakit kepala akut bisa membahayakan kesehatan saraf otak Anda. Adapun bagi yang tidak suka minum obat ataupun untuk mencegah sakit kepala berlebihan, bisa menggunakan alternatif lain yang bisa meredakan dan juga mengobati sakit kepala tanpa obat.

Berikut adalah cara alami untuk meredakan sakit kepala yang bisa Anda tiru:

1. Hirup Udara Segar
Bernapas secara mendalam dengan menghirup udara segar juga membantu mengurangi sakit kepala. Bahkan bisa menjadi obat yang efektif untuk sakit kepala. Oleh karena itu ketika serangan sakit kepala datang, segera tenangkan diri dan hirup udara segar.

2. Mandi Air Hangat
Alternatif lainnya bagi Anda yang terkena sakit kepala namun tidak mau makan oba bisa mengobatinya dengan cara mandi air hangat. Mandi dengan air hangat mampu mengendurkan otot-otot di kepala dan leher, sehingga aliran darah akan menjadi lebih baik. Hasilnya, sakit kepala pun akan menghilang.

3. Istirahat Sebentar
Jika sedang lelah karena padatnya aktivitas kerja, tidak ada salahnya apabila Anda beristirahat sebentar. Tutup mata Anda dan cobalah untuk melepaskan ketegangan dan tekanan pada punggung, leher, dan bahu yang dapat membuat sakit kepala.

4. Tidur yang Cukup
Tidur cukup dengan postur tidur yang tepat sangat diperlukan untuk menghindarkan Anda dari sakit kepala. Kurang tidur mampu mengganggu siklus tidur Anda yang dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Terapkan Pola Makan Sehat Seimbang
Jam makan yang sembarangan dengan pola yang tidak seimbang mampu membuat Anda sakit kepala. Sebab otak membutuhkan glukosa dan kekurangan glukosa dari makanan dapat menyebabkan hipoglikemia yang membuat sakit kepala. Jadi pola makan Anda harus dikonsumsi dengan interval yang tepat untuk berfungsinya metabolisme tubuh.

6. Pijat Kepala
Terapkan pijatan lembut di kepala ketika sakit kepala menyerang. Pijat selama 7-15 detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga sakit kepala mereda. Memijat membantu mengurangi ketegangan otot kepala dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Minum Banyak Air
Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala. Sehingga ketika sakit kepala menyerang, segera ambil segelas air putih. Namun jangan mengonsumsi minuman berkafein terlebih dahulu seperti teh atau kopi, sebab dapat merampas cairan tubuh Anda.
(sumber:www.kokoinformation.com)

Editor: tidakada021
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved