Siang Ini Pehcun Telur Bisa Berdiri Tegak dan Laut Alami Surut Terjauh dari Bibir Pantai

''Jangan lupa, besok petcun, air laut akan surut jauh, dan yg jelas, telor bisa didirikan pas di siang hari.''

Siang Ini Pehcun Telur Bisa Berdiri Tegak dan Laut Alami Surut Terjauh dari Bibir Pantai
POS BELITUNG/dok
Elang, seorang bayi berusia beberapa bulan, melihat telur berdiri di kediamannya di Jalan Rahat, Kelurahan Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (12/6/2013). Hari Raya Duan Wu atau biasa disebut juga Hari Raya Peh Cun jatuh pada Rabu (12/6/2013) atau tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek. 

BANGKAPOS.com - Berdasarkan penanggalan kalender Tionghoa, Kamis (9/6/2016) bertepatan dengan tanggal 5 bulan ke-5, Imlek 2567, yang dikenal sebagai Hari Raya Petcun.

Di saat perayaan hari makan Kwe Cang, warga Tionghoa sedunia, tepat pukul 12.00 siang waktu setempat, telur dapat berdiri tegak di tempat yang datar.

Ini disebabkan, pada tanggal, bulan dan jam tersebut kondisi bulan dekat dengan bumi sehingga gravitasi bumi dan bulan sangat kuat.

Ini menyebabkan telur dapat berdiri tegak.

‘’Jangan lupa, besok petcun, air laut akan surut jauh, dan yg jelas, telor bisa didirikan pas disiang hari. Ayo kita lihat, saksikan fenomena alam besok, kamis. 9-6-2016,’‘ tulis Achin, Ketua Laskar Sekaban di facebooknya, Kamis (8/6/2016).

‘’Selamat Merayakan hari PETCUN....dan pergi ke pantai...membawa kue utk dilempar ke laut.....serta melihat air surut terjauh.....telur bisa berdiri....selamat bagi yg merayakan...9 juni 2016....ingat siang hari .....lanjutkan,’‘ tulis Ir Agung Setiawan di facebooknya.

Dikutip dari Tionghoa.info, konon tradisi “menegakkan telur” ini juga dapat dilakukan pada:
1. Saat Lichun (??) yang menandakan awal permulaan Musim Semi di Asia Timur. Penetapan hari ini berasal dari kalender tradisional Asia Timur yang membagi tahun menjadi 24 bagian matahari. Lichun dimulai ketika matahari mencapai bujur langit 315̊ dan berakhir pada saat mencapai garis bujur 330̊. Lichun (istilah untuk garis bujur pertama) terjadi pada tanggal 04-05 Februari; dimana biasanya bertepatan atau agak bertepatan (15 hari pertama) dengan perayaan IMLEK.

2. Saat Kau Chun, tanggal 30 bulan 12 penanggalan IMLEK (namun perhitungan tanggalnya bisa berubah-ubah).

3. Pada saat spring/vernal equinox (20 Maret)

4. Pada saat summer solstice (21 Juni)

Halaman
12
Editor: Idandi Meika Jovanka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved