Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 10 Cara Pola Makan Ini

Kesehatan pencernaan secara langsung dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang Kita makan. Dengan mengikuti cara untuk meningkatkan kesehatan...

Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 10 Cara Pola Makan Ini
http://3.bp.blogspot.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, memperoleh asupan gizi cukup dan asupan serat, serta kebiasaan olahraga bisa membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih baik.

BACA : VIDEO : 5 Putri Pelawak Komedian di Indonesia, Mana yang Paling Cantik

Sistem pencernaan makanan adalah proses alami tubuh untuk memecah makanan, sehingga berbagai nutrisi dalam makanan bisa diserap dengan baik.

Jika Anda mengabaikannya, maka Anda bisa mengalami kekurangan nutrisi hingga meningkatkan resiko terkena berbagai macam masalah sistem pencernaan usus umum, seperti asam lambung, maag, ulkus/tukak lambung, bahkan hingga yang lebih menakutkan – kanker usus.

BACA : Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan, Badan Tetap Sehat dan Bugar

Kesehatan pencernaan secara langsung dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang Kita makan. Dengan mengikuti cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan berikut, maka sistem pencernaan akan berfungsi lebih efisien, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

1. Diet makanan tinggi serat :
Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan bisa meningkatkan Anda kesehatan pencernaan. Serat bermanfaat membantu menjaga makanan supaya mudah bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit.

BACA : Beginilah Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Hal ini juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai macam masalah pencernaan, seperti wasir dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

2. Konsumsi serat :
Ada dua jenis serat makanan, yaitu serat larut dan tak larut. Masing-masing bermanfaat membantu sistem pencernaan, namun dengan cara yang berbeda. Serat jenis larut bersifat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga membantu mengumpulkan semua kotoran.

Halaman
12
Editor: tidakada021
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved