Inilah 5 Makanan Pilihan Nutrisi yang Tepat Selama Puasa

Dalam memilih makanan yang sehat selama puasa dibutuhkan pengetahuan yang luas. Untuk itu pilihlah nutrisi yang tepat agar puasa lancar.

Inilah 5 Makanan Pilihan Nutrisi yang Tepat Selama Puasa
Shutterstock
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Nutrisi yang Tepat Agar Puasa Lancar dan Menyehatkan, Bulan ramadhan sudah di depan mata. Ketika bulan ramadhan pilihlah nutrisi yang tepat agar puasa lancar. Memenuhi nutrisi untuk tubuh merupakan hal yang sangat penting, meskipun saat berpuasa sekalipun.

BACA : VIDEO : Wow, Seksinya Petenis Cantik All England 2016, Ganti Baju di Lapangan

Banyak orang cenderung memilih makanan yang menyenangkan dan membuat mereka cepat kenyang. Padahal makanan tersebut belum tentu sehat dan bernutrisi.

Untuk itu pengetahuan akan pemilihan nutrisi itu baik. Bagaimana nutrisi yang baik itu? Tentu saja makanan yang mengandung karbohidrat, mineral, protein, dan mengandung banyak serat.

BACA : VIDEO : 5 Putri Pelawak Komedian di Indonesia, Mana yang Paling Cantik

Dalam memilih makanan yang sehat selama puasa dibutuhkan pengetahuan yang luas. Untuk itu pilihlah nutrisi yang tepat agar puasa lancar. Dalam berpuasa kita hanya memiliki waktu yang sedikit untuk makan.

Hanya saat berbuka puasa, sahur, dan mungkin sehabis tarawih masih bisa menyempatkan diri untuk makan.

BACA : Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 10 Cara Pola Makan Ini

1. Makanan yang Mengandung Serat Tinggi
Selain makanann yang mengandung karbohidrat kompleks, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi. Seperti buah buahan dan sayuran.

BACA : Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa Ramadhan, Badan Tetap Sehat dan Bugar 

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi nantinya perut akan terasa kenyang lebih lama. Hal ini lah yang justru mempersulit kita dalam berpuasa.

2. Makanan yang Kaya Protein
Konsumsilah makanan yang kaya protein, karena zat gizi ini memberikan asam amino yang dibutuhkan otak sehingga Ibu merasa lebih segar dan tidak mengantuk. Bahan makanan yang mengandung asam amino lengkap sesuai kebutuhan tubuh di antaranya adalah telur, daging merah, ayam, dan ikan.

3. Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks
Sahur merupakan kegiatan yang disunahkan akan tetapi jangan sampai terlewatkan. Mengapa? Karena dengan sahur, maka nutrsi dapat termetabolisi dengan baik. Untuk menu sahur, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperi oatmeal dan kacang kacangan. Dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks maka nantinya lambung mencerna makanan lebih lambat dari biasanya.

4. Makanan yang Mengandung Zat Besi
Zat Gizi lain yang penting bagi tubuh adalah zat besi. Kekurangan zat besi mengkibatkan tubuh menjadi lemas dan mengantuk karena kurangnya pasokan oksigen dalam darah. Jadi, konsumsilah bahan makanan kaya zat besi saat sahur. Lebih lengkap lagi kalau sahur Ibu juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

5. Buah Kurma
Tips selanjutnya dalam memilih nutrisi selama puasa adalah dengan memakan 3 buah kurma saat berbuka puasa. Kurma mengandung gula dan serat yang nantinya dapat menggantikan nutrisi tubuh yang tidak terambil selama menjalankan ibadah puasa.
(sumber:www.daftarmenarik.com)

Editor: tidakada021
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved