Sosok Wakapolri Tergantung Pilihan Tito

Semua perwira bintang tiga di lingkungan Polri potensial dan memiliki peluang yang sama untuk menjadi Wakapolri.

KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COM
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti membenarkan nama Komjen Pol Tito Karnavian tak masuk untuk kemudian diusulkan oleh Wanjakti kepada Presiden sebagai calon Kepala Polri.

Alasan utamanya adalah, Tito Karnavian baru saja menjabat dan ingin fokus seagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sedianya, awal pekan depan Badrodin akan mengumpulkan seluruh jajaran di bawahnya hingga tingkat staf di Mabes Polri untuk membahas penunjukan Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri.

Badrodin menjelaskan, Wanjakti hanya menyerahkan tiga nama ke Presiden Jokowi. Meski begitu, internal Polri sudah menanyakan lebih dulu ke Tito apakah bersedia menjadi calon Kapolri.

Saat itu, Tito yang juga mantan Kapolda Papua itu menjawab masih ingin fokus bekerja di BNPT.

"Saya sudah menyampaikan ke Tito, makanya beliau tidak diikutkan dalam usulan kita. Memang beliau memilih tetap melakukan pembenahan dalam penanganan terorisme dan tetap di BNPT," ucap Badrodin, usai acara Dies Natalis PTIK ke 70 di Auditorium PTIK, Jumat (17/6/2016).

Lantaran Tito ingin fokus di BNPT, maka namanya tidak dimasukkan oleh Wanjakti. Namun di luar dugaan, Presiden Jokowi malah memilih Tito.

"Tapi kalau memang diperintah (oleh presiden) ya pasti sanggup. Namanya prajurit kalau diperintah ya harus siap," kata Badrodin.

Awal pekan depan, Badrodin memastikan kembali akan mengumpulkan seluruh jajaran di bawahnya hingga tingkat staf di Mabes Polri untuk membahas penunjukan Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri.

Menurut Badrodin, penyatuan sikap perlu dilakukan agar tak ada lagi perbedaan pendapat baik yang menerima atau tidak menerima keputusan Presiden memilih Tito.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved