Segudang Manfaat Puasa Untuk Anak

Puasa sangat disarankan untuk dilatih kepada anak sejak usia dini.

BANGKAPOS.COM - Pembelajaran mengenai ilmu-ilmu agama sudah seharusnya diperkenalkan dan dibiasakan kepada anak sejak dini.

Agar apa? Agar nantinya diusia dewasa anak tersebut tidak perlu lagi khawatir menjalankan kehidupannya, karena telah memiliki ilmu agama yang akan menuntunnya ke jalan yang terang.

Begitupun dengan berpuasa, salah satu ibadah yang diperintahkan Allah ini sangat disarankan untuk dilatih kepada anak sejak usia dini.

Selain mengajarkan ilmu agama, puasa pun sangat bermanfaat bagi kesehatan si anak.

Dokter Spesialis Anak RS UGM, dr. Vetria Sekar Damayanti, M.Sc, SpA menuturkan, ada beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan anak ketika ia latih untuk berpuasa.

Di antaranya seperti menyehatkan saluran pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, melatih kesehatan mental anak, membentuk pola makan yang baik, membentuk kedisiplinan dan masih banyak lagi.

Vetria menjelaskan satu persatu. Dalam proses mencerna makanan di dalam tubuh, berlangsung selama delapan jam.

Namun, kondisi itu sering kali tidak tercapai sebab selang waktu makan satu dengan lainnya kurang dari delapan jam.

Akibatnya, di dalam tubuh akan terjadi penimbunan banyak zat yang tidak diperlukan, yang akan menjadi racun bagi tubuh.

"Dengan berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh. Jadi semua zat yang tidak diperlukan tubuh termasuk racun, akan dikeluarkan. Sel-sel tubuh yang sudah rusak pun akan diganti juga diremajakan kembali. Dan ini baik untuk anak," kata Vetria.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved