Breaking News:

Inggris Keluar Uni Eropa

Begini Dampak Brexit bagi Liga Primer Inggris Sebagai Kompetisi Terbaik Dunia

Andai Inggris keluar dari Uni Eropa, dampak terhadap dunia sepak bola Inggris bakal lebih besar dari bayangan orang.

Kompas.com
Suporter Leicester City merayakan keberhasilan timnya menjadi juara Premier League seusai menyaksikan laga Chelsea vs Tottenham di pub di timur Leicester, Senin (2/5/2016). 

BANGKAPOS.com - Premier League, kasta teratas Liga Inggris, bakal terpengaruh setelah hasil referendum memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan British Exit (Brexit).

Berdasarkan hasil referendum yang dilakukan pada Kamis (23/6/2016), kubu yang menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa unggul untuk sementara. Andai putusan keluar dari Uni Eropa sudah final, persepakbolaan Inggris bisa terpengaruh.

Hasil referendum Eropa di Inggris sudah final. Total 51,9 persen pemilih menghendaki mereka keluar dari Uni Eropa (UE), sedangkan sisanya memilih bertahan.

Saat Inggris masih berada di bawah naungan Uni Eropa, perpindahan pemain dari sesama negara Uni Eropa sangatlah mudah. Pemain yang akan datang ke Inggris tidak membutuhkan surat izin kerja.

Lain halnya dengan pemain asal negara non-Uni Eropa. Pemain-pemain dari Amerika Selatan misalnya. Mereka membutuhkan surat izin kerja atau work permit dengan syarat menumpuk, seperti jumlah penampilan bersama tim nasional.

Jika mengukur persentase penampilan bersama tim nasional, menurut Telegraph, bakal ada 100 pemain asing di Premier League yang tak pantas mendapatkan surat izin kerja.

Mereka termasuk pemain-pemain seperti Dimitri Payet, N’Golo Kante, dan Anthony Martial yang tampil apik di Premier League sepanjang musim 2015-2016. Hal itu tak lepas karena jumlah penampilan mereka bersama timnas senior negaranya masih sangat minim.

Sejumlah pemain asal Amerika Selatan juga mendapatkan dampak positif dari status Uni Eropa ketika bermain di Premier League. Beberapa dari mereka memiliki kewarganegaraan ganda karena memiliki paspor dari negara Uni Eropa.

Hal tersebut membuat mereka bisa lolos dari persyaratan jumlah penampilan minimal di tim nasional ketika mengurus surat izin kerja.

Andai Inggris keluar dari Uni Eropa, kemudahan seperti itu hampir pasti tak akan ada.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved