Ridwan Kamil Akan Pasang Ranjau Darat di Pintu Perlintasan Kereta Api

Ridwan Kamil menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membuat sebuah ranjau pada lapisan aspal dekat bantalan rel kereta api.

Ridwan Kamil Akan Pasang Ranjau Darat di Pintu Perlintasan Kereta Api
KOMPAS IMAGES
ILUSTRASI 

BANGKAPOS.COM, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapat banyak keluhan dari masyarakat tentang kesemerawutan jalanan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah banyaknya pemotor yang kerap melawan arus di perlintasan kereta api.

Untuk mengantisipasi hal itu, Ridwan Kamil menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membuat sebuah ranjau pada lapisan aspal dekat bantalan rel kereta api.

"Termasuk yang jadi perhatian warga Bandung yang suka melawan arus, kita akan bikin inovasi pakai ranjau besi," ucap Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Jumat (24/6/2016).

Emil menuturkan, besi tersebut dirancang menyerupai paku untuk menghadang motor yang hendak melawan arus atau menerobos palang kereta api.

"Jadi si besi kayak paku sehingga motor gak bisa lewat. Ketika kereta lewat kan suka ada yang lawan arus, dia beloknya memaksa di lintasan, nah sekarang jalan lintasan aspalnya kita kasih ranjau. Itu lagi eksperimen," ucapnya.

Rencana pemasangan ranjau di perlintasan kereta api menjadi satu dari 11 poin kerja sama yang dirintis Pemkot Bandung dengan PT KAI.

Pemkot Bandung dan PT KAI juga akan melobi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membuat jembatan layang pada salah satu perlintasan sebidang.

"Kita koordinasikan ke Kementerian PU yang mau memberi hibah fly over. Yang diminta adalah mengambil jalur contoh perlintasan sebidang. Kemungkinan yang di jalan Laswi sedang kita kaji," jelasnya.

Penulis: Dendi Ramdhani / Kompas.com

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved