Baznas Bangka Salurkan 1000 Paket Sembako dan Santunan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka memberikan 1000 paket sembako senilai Rp 110.000 dan uang senilai Rp 150.000

Baznas Bangka Salurkan 1000 Paket Sembako dan Santunan
bangkapos.com/Nurhayati
Petugas Baznas Kabupaten Bangka saat membagikan bantuan sembako dan santunan uang kepada kaum duafa, Kamis (30/6/2016) untuk kaum duafa di Kecamatan Sungailiat dan Pemali. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka memberikan 1000 paket sembako senilai Rp 110.000 dan uang senilai Rp 150.000 dengan total senilai Rp 260.000 kepada masing-masing mustahiq di Kecamatan Sungailiat dan Pemali, Kamis (30/6/2016) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Untuk itu paket sembako dan uang santunan yang disalurkan oleh Baznas Kabupaten Bangka kepada kaum duafa di dua kecamatan ini senilai Rp 260 juta.

Dana paket sembako dan uang santunan tersebut, berasal dari infak, sadaqoh dan zakat dari masyarakat yang dikumpulkan melalui Baznas Kabupaten Bangka.

Pihak Baznas menyerahkan kepada para RT, kaling maupun keluruhan/kades masing-masing untuk menentukan para mustahiq yang berhak menerima paket dan uang tersebut.

"Mereka yang tahu persis warga mereka yang berhak menerima santunan disekitar daerahnya. Alhamdulillah tinggal beberapa paket lagi yang belum kita serahkan," jelas Ketua Baznas Kabupaten Bangka M Nasir Hasan kepada bangkapos.com.

Tujuan dari pemberian paket sembako dan santunan uang ini untuk menyalurkan zakat maal, infak dan sadaqoh dari para muzaki (pemberi zakat, infaq, sadaqoh) yang disampaikan kepada Baznas Kabupaten Bangka kemudian disalurkan kepada para mustahiq.

"Dengan adanya bantuan ini mereka bisa berlebaran juga melakukan puasa di Bulan Ramadan bisa terbantulah," harap Nasir.

Menurutnya, hingga saat ini dana dari zakat, infaq dan sadaqoh yang terkumpul di Baznas Kabupaten Bangka senilai Rp 416 juta lebih. Pemberian bantuan sembako dan santunan uang ini sudah dua kali dilaksanakan Baznas Kabupaten Bangka yakni pada Bulan Maret 2016 sebanyak 700 lebih paket untuk delapan kecamatan di Kabupaten Bangka.

Diakuinya dana zakat, infaq dan sadaqoh yang berhasil di kumpul oleh Baznas Kabupaten Bangka belum maksimal. Untuk itu pihaknya akan melakukan sosialisasi kembali kepada para pegawai, pengusaha, dan masyarakat agar bisa mengumpulkan zakat, infaq dan sadaqoh melalui Baznas Kabupaten Bangka.

"Ada target dari provinsi malah dari pusat sebesar Rp 2 milyar tetapi tidak sampai. Itu target. Dana yang berhasil kita kumpul baru mendekati Rp 1 milyar," jelas Nasir.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved