Habis Lebaran Jangan Lupa Puasa Enam, Pahalanya Setara Puasa Setahun

Puasa enam hari di bulan Syawal sunah hukumnya. Namun, puasa ini memiliki sejumlah keutamaan

Habis Lebaran Jangan Lupa Puasa Enam, Pahalanya Setara Puasa Setahun
net
ilustrasi buka puasa 

BANGKAPOS.COM--  Usai lebaran Idul Fitri, biasanya masyarakat di pedesaan di Pulau Bangka mulai mempersiapkan diri untuk Puasa Enam atau puasa enam hari di bulan Syawal.

Kendati sunah hukumnya, namun, puasa ini memiliki sejumlah keutamaan. Tak heran jika puasa ini sudah menjadi tradisi tersendiri pada bulan Syawal.

Bahkan di Desa Jada Bahrin Kecamatan Merawang kabupaten Bangka, penutup puasa enam ini menjadi lebaran akbar warga setempat.

Dalam hadis, Nabi Muhammad bersabda puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan puasa satu tahun penuh.

"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh." (H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Praktik berpuasa enam hari pada bulan Syawal sama dengan berpuasa di bulan Ramadhan, boleh bersahur dan berhenti sahur saat waktu imsak.

Bedanya, saat melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal, boleh dilakukan secara berurutan atau berselang hari, yang penting masih di bulan Syawal.

Namun puasa enam hari di bulan Syawal ini tidak bleh dimulai pada tanggal 1 Syawal. Sebab, pada hari itu, umat Muslim diharamkan berpuasa. Sehingga boleh dimulai pada hari ke-2 Syawal.

Bagi kaum perempuan yang berutang puasa saat Ramadan, puasa enam hari di bulan Syawal bisa dikerjakan setelah membayar utang itu.

Atau bisa juga berpuasa Syawal dulu baru membayar utang puasa Ramadan pada bulan-bulan berikutnya, sebelum Ramadan berikutnya.(Dream.co.id)

Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved