Direktur Jenderal HAM Beri Pembekalan Notaris di Babel

Peran notaris sangat besar bagi bangsa dan negara, khususnya di dalam memberikan kepastian hukum

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALPINANG -- Peran notaris sangat besar bagi bangsa dan negara, khususnya di dalam memberikan kepastian hukum, baik dalam perjanjian, kontrak, dan pengikatan lainnya.

Dimana memberikan kepastian hukum, dengan maksud untuk membantu dan melayani masyarakat yang membutuhkan alat bukti tertulis yang bersifat otentik mengenai keadaan, peristiwa atau perbuatan hukum para penghadap.

Namun demikian, dalam menjalankan profesinya tidak jarang seorang notaris dipanggil oleh pihak kepolisian, penyidik, penuntut umum, dan atau hakim, baik sebagai saksi, maupun sebagai tersangka, bahkan terpidana, sehubungan dengan akta otentik yang dibuatnya.

Dalam pembekalan dan pengarahan kepada notaris, anggota MPWN Provinsi Bangka Belitung, MPDN kota Pangkalpinang, calon anggota MKN wilayah provinsi Bangka Belitung, termasuk pengurus INI wilayah provinsi Bangka Belitung, Kanwil Kemenkum dan HAM Babel mendatangkan narasumber DR Mualimin Abdi SH MH Ketua Majelis Kehormatan Notaris Pusat (MPKN), yang merupakan Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM, berlangsung di Ballroom Soll Marina Bangka, Rabu (13/7/2016) malam.

Kegiatan dihadiri Sesditjen Kemenkum dan HAM RI, Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Babel Bambang Palasara, kepala divisi, Pengurus INI Babel serta notaris.

Selaku Ketua Ketua Majelis Kehormatan Notaris Pusat (MPKN) berpesan kepada notaris di Provinsi Kepulauan Babel untuk menjaga profesi maupun harkat martabatnya.

Penulis: agusrya
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved