Bocah Ini Lahir Tanpa Tangan dan Kaki tapi Tetap Semangat Hidup

Tiyo Satrio terlahir tanpa sepasang lengan dan sepasang kaki namun tetap bersahaja dan gembira dalam menjalani kehidupannya.

BANGKAPOS.COM, BANDUNG -- Sungguh luar biasa, seorang anak bernama Tiyo Satrio ini, meski terlahir tanpa sepasang lengan dan sepasang kaki namun tetap bersahaja dan gembira dalam menjalani kehidupannya.

Bocah berasal dari Desa Penawangan, Jawa Barat selalu riang gembira dan mencoba berperilaku seperti umumnya anak-anak lain-lainnya.

Meski kondisinya tubuhnya tak sempurna anak berusia 11 tahun ini selalu optimis dan tertawa bersama teman-teman dan gurunya di kelas.

Dulu, sepanjang kehamilannya ibu Tiyo, Mimi tidak menyadari kondisi anaknya. Bahkan setelah lahir Mimi tak diberitahu tentang kondisi anaknya yang terlahir tanpa lengan dan kaki.

"Saya melahirkan tengah malam dan diberitahu sore hari berikutnya. Saya terkejut. Saya pikir ia akan menjadi normal seperti anak-anak lain. Sekarang saya merasa baik-baik saja dan berusaha menerima," kata Mimi kepada Mirror, Selasa (12/7/2016).

Pasangan Mimi dan suaminya, Wawan memiliki empat anak dewasa. Mimi menjaga Tiyo penuh waktu, tapi Tiyo mampu melakukan beberapa hal sendiri.

Hanya saja untuk mencuci, memakai baju, dan makan harus dibantu oleh Mimi.

"Setiap hari hanya merawat Tiyo jadi kita tidak bisa pergi kemana pun. Jika kita bekerja kita tidak bisa mengurus Tiyo," kata Mimi.

Tiyo kini bersekolah di SLB Firdaus. Setiap pagi Tiyo dijemput dengan sepeda motor dan dibawa ke sekolah berkebutuhan khusus. Ia mampu menulis dengan menggunakan mulutnya serta bersaing dengan teman-teman sekelasnya.

"IQ Tiyo baik. Sekarang dia kelas dua dan dapat mengerjakan soal matematika kelas empat seperti perkalian dan pembagian. Dia menghabiskan beberapa hari untuk sekolah tapi kemudian berhenti karena cacat fisik dan tidak percaya diri," kata Kepala Sekolah, Budiwati.

Di kelasnya yang berjumlah 24 siswa, Tiyo bergantung kepada teman-teman dan guru untuk membantunya membawa dia dan mendorong dia di kursi rodanya.

Tiyo membuktikan bahwa dia unggul bermain game playstation bersama teman-temannya dengan menggunakan dagunya. (mirror.co.uk)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved