Inilah Penemuan Penting Pada Masa Peradaban Islam

Sejumlah temuan penting yang kini dinikmati manusia modern hadir berkat andil peradaban Islam.

Inilah Penemuan Penting Pada Masa Peradaban Islam

BANGKAPOS.COM -- Islamofobia belakangan merebak di banyak negara Barat. Sentimen ini dipicu serangan teror Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) ke Prancis yang menewaskan ratusan orang. Membanjirnya imigran muslim ke Eropa mengobarkan lagi kebencian tak berdasar pada muslim.

Dalam rangka mendukung warga Islam, the Huffington Post berusaha meluruskan pandangan keliru orang Barat. Banyak yang mengira pemeluk Islam adalah penyuka kekerasan, serta hidup dalam keterbelakangan.

Huffington Post membuktikan sejumlah temuan penting yang kini dinikmati manusia modern hadir berkat andil peradaban Islam.

Jika tahu ilmu penting arsitektur atau kebersihan diri masa kini berasal dari ilmuwan Islam, Huffington Post menduga orang Barat pun akan terkejut. Temuan ini membentang dalam bidang sains hingga seni.

Berikut lima temuan peradaban Islam paling berpengaruh hingga masa kini yang dirangkum Huffington Post:

1. Aljabar
Ilmu konstruksi dunia telah berkembang pesat. Sampai-sampai manusia bisa membangun gedung pencakar langit yang tingginya mendekat satu kilometer dari permukaan tanah.

Namun, apa artinya arsitek atau insinyur pandai merancang gedung, tanpa aljabar. Ya, aljabar adalah ilmu yang menjadi pondasi sains terapan modern.

Ilmu hitung ini mulaui dikenal oleh bangsa Eropa pada abad ke-12, ketika seorang berdarah Inggris-Arab menerjemahkan karya ilmuwan muslim bernama Al Khwarizmi.

Khawarizmi lahir sekitar tahun 780 di Uzbekistan, dan wafat pada 850 di Baghdad, Irak. Dia berprofesi sebagai pengajar di madrasah terkemuka Dinasti Abbasiyah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved