Apoteker Harus Merahasiakan Ilmunya

apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus pendidikan profesi dan telah mengucapkan sumpah untuk merahasiakan segala

Apoteker Harus Merahasiakan Ilmunya
net
ilustrasi

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM,BELITUNG- Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Manggar membantah pernyataan dari salah seorang anggota DPRD Beltim beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa apoteker kerap menginformasikan cara-cara penyalahgunaan popok dan pembalut wanita bekas untuk mabuk kepada masyarakat.

Bantahan ini disampaikan melalui rilis yang diterima Pos Belitung, Rabu (20/7/2016) malam.

Ketua IAI Cabang Manggar, Winda Lestari menjelaskan, apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus pendidikan profesi dan telah mengucapkan sumpah untuk merahasiakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan dan keilmuan sebagai apoteker.

“Seorang apoteker harus merahasiakan segala sesuatu yang berkaitan dengan keilmuan jika memungkinkan terjadi penyalahgunaan,” kata Winda dalam rilis yang diterima Pos Belitung, Rabu (20/7).

Winda mengatakan, apoteker berperan dalam memberikan penjelasan berkaitan dengan obat-obatan seperti nama obat, cara minum, dosis obat, efek samping, cara penyimpanan, interaksi obat dan lainnya yang bertujuan untuk menghindari penggunaan obat yang salah dan penyalahgunaan.

“Kami (apoteker) justru membantu memberikan konseling kepada masyarakat terkait penggunaan obat yang benar,” ucapnya.

Winda menambahkan, masyarakat yang masih belum mengerti dalam penggunaan obat-obatan dapat bertanya dan berkonsultasi langsung kepada apoteker karena apoteker terbuka untuk siapapun.

“Penggunaan obat jangan sembarangan. Apabila masih ragu dapat ditanyakan langsung kepada apoteker,” ujar Winda.

Sebelumnya, Wakil Ketua II DPRD Belitung Timur Yohendra juga mengklarifikasi pernyataannya pada rapat 'besar' jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Beltim soal miras beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved