Mau Awet Muda, Simak 6 cara Mencegah Penuaan Dini Ini

Penuaan tidak bisa dihentikan karena merupakan proses alami pada tubuh. Tetapi, penuaan dini bisa dicegah. Sebab,

Mau Awet Muda, Simak 6 cara Mencegah Penuaan Dini Ini
http://www.hidupseimbangku.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Penuaan tidak bisa dihentikan karena merupakan proses alami pada tubuh. Tetapi, penuaan dini bisa dicegah. Sebab, penuaan dini terjadi karena faktor eksternal, seperti gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Susie Rendra mengatakan, banyak cara untuk membuat seseorang terlihat awet muda. Berikut cara agar tetap awet muda dengan mencegah penuaan dini.

1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan. Di tengah aktivitas yang padat, sinar matahari terkadang tak bisa dihindari. Untuk itu usahakan selalu melindungi diri dari sinar matahari, seperti menggunakan sunblock atau tabir surya. Penggunaannya pun disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan.

"Kalau berenang gunakan sunscreen yang tahan air. Atau cari yang sweat proof, water resistant kalau aktivitas outdoor," kata Susie, Senin (13/6/2016).

2. Cukup tidur

Tidur merupakan waktu terbaik bagi kulit melakukan regenerasi. Susi menjelaskan, kurang tidur dapat menurunkan kadar hormon melatonin. Padahal, selain untuk meningkatkan kualitas tidur, melatonin juga memiliki fungsi menghambat penuaan.

"Kalau tidur kurang membuat efek penuaan lebih cepat. Tidurlah cukup sekitar 7-8 jam pada malam hari," jelas Susie.

3. Stop senam wajah berlebihan

Menurut Susie, senam wajah berlebihan justru bisa membuat kerutan mudah muncul. Gerakan berlebihan, seperti halnya wajah terlalu ekspresif (tertawa atau marah) bisa menyebabkan kerutan karena menggerakan otot wajah yang berlebihan.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved