Anda Suka Makan Cokelat? Ini Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Salah satunya adalah cokelat karena dianggap memberikan efek negatif bagi perkembangan anak

Anda Suka Makan Cokelat? Ini Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
http://beritajogja.id
Ilustrasi Cokelat 

BANGKAPOS.COM  – Setiap orangtua pasti berupaya menjaga asupan makanan bagi anaknya dengan menghindari makanan yang dianggap tak sehat. Salah satunya adalah cokelat karena dianggap memberikan efek negatif bagi perkembangan anak. Namun tahukah Anda bahwa cokelat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh?

Berikut adalah manfaat cokelat yang berguna bagi kesehatan.

1. Menyehatkan Jantung

Mengutip dari kompas.com, cokelat hitam dapat memperbaiki kelenturan pembuluh nadi yang mengeras dan mencegah darah putih menempel pada bagian dalam dinding pembuluh. Kedua kondisi itu apabila tidak teratasi dapat membentuk plak, yang memblokir pembuluh, dan menyebabkan penyakit jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Seringkali masyarakat memiliki anggapan bahwa mengonsumsi cokelat merupakan hal tabu bagi mereka yang ingin berdiet. Namun ternyata, mengonsumsi cokelat hitam justru dapat membuat perasaan kenyang layaknya mengonsumsi apel dan jambu biji. Maka, hal ini cukup efektif untuk mengurangi rasa lapar yang bagi mereka yang sedang berdiet.

3. Dapat Mengurangi Depresi

Cokelat ternyata mampu untuk meningkatkan zat endorphine dalam tubuh. Zat ini berguna untuk meningkatkan rasa senang dan rasa nyeri yang sifatnya sementara.

Oleh karena itu, cokelat dapat membuat seseorang memiliki perasaan yang sedikit lebih tenang, ketika sedang berada dalam kondisi yang tidak nyaman atau membuatnya stres. Namun ingat, cokelat hanya bersifat sementara.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Cokelat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan, sama seperti sayuran yang memiliki warna gelap. Antioksidan inilah yang kemudian membuat pembuluh nadi menjadi lebih rileks. Efeknya, tekanan darah akan menjadi lebih rendah.

5. Mengurangi Resiko Terkena Preeklampsia Bagi Wanita Hamil

Preeklampsia yang menimpa wanita hamil ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang sesuai, dapat membantu mengurangi resiko terkena komplikasi ini.

Editor: Admin 1
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved