Ini Masalahnya Sampai Jokowi Mencopot dan Mengganti Menterinya

Rizal selama ini memang kerap membuat gaduh karena menyatakan perbedaan dengan Menteri kabinet kerja di ruang publik.

Ini Masalahnya Sampai Jokowi Mencopot dan Mengganti Menterinya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Joko Widodo saat melantik Komjen Pol Suhardi Alius dan Penny Kusumastuti Lukito di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/7/2016). Suhardi Alius dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Tito Karnavian yang menjadi Kapolri sedangkan Penny Kusumastuti Lukito dilantik menjadi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mencopot delapan menteri dalam reshuffle kabinet Jilid II yang diumumkan Rabu (27/7/2016) di Istana Negara.

Berdasarkan pengumumam Presiden Jokowi beberapa saat lalu, mereka yang tergusur terdiri dari kalangan profesional hingga representasi partai politik.

Siapa saja mereka?

1. Rizal Ramli

Rizal Ramli tergusur dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman. Rizal digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Belum jelas apa alasan Jokowi mencopot Rizal. Namun, Rizal selama ini memang kerap membuat gaduh karena menyatakan perbedaan dengan Menteri kabinet kerja di ruang publik.

Di awal jabatannya, ia berseteru dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno terkait pembelian 350 pesawat airbusGaruda Indonesia.

Rizal juga berseteru dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said soal perpanjangan kontrak Freeport, proyek 35.000 Megawatt, hingga pembangunan blok masela.

Terakhir, Rizal berseteru dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok terkait penghentian reklamasi Pulau G di Pantai Utara, Jakarta. Padahal, Presiden dalam berbagai esempatan mengingatkan para menterinya untuk tidak membuat gaduh.

2. Sudirman Said

Halaman
123
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved