Ini Dia Latar Belakang 8 Figur yang Berniat Lewat Jalur Independen di Pilkada DKI

KPU DKI Jakarta mulai membuka kesempatan bagi bakal calon independen yang ingin maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 untuk menyerahkan data KTP sebagai ..

Ini Dia Latar Belakang 8 Figur yang Berniat Lewat Jalur Independen di Pilkada DKI
KOMPAS/DIDIE SW
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Soemarno enggan menyebutkan delapan nama orang yang menyatakan berniat akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 melalui jalur independen. Namun, ia bersedia mengungkapkan latar belakangnya.

BACA: Terungkap, Ada Puluhan Kondom Ditemukan di Panti Pijat Ini Saat Dirazia

Menurut Soermarno, kedelapan orang itu ada yang berlatar belakang kader partai, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat.

"Ada yang punya kaitan dengan partai, ada yang tokoh masyarakat, ada juga yang tokoh pemuda," ujar Soemarno, saat ditemui di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

BACA: Ini Dia Harga Calya dan Sigra Versi Diler

Mengenai adanya kader partai, Soemarno menyatakan tak ada peraturan yang melarang seorang anggota parpol maju melalui jalur independen.

"Jadi kalau ada yang aktif di partai politik, ya boleh saja," ujar Soemarno.

BACA: 40 Tahun Hidup di Dalam Gua, Pria Ini Jadi Legenda, Alasannya Sungguh Mengejutkan

KPU DKI Jakarta mulai membuka kesempatan bagi bakal calon independen yang ingin maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 untuk menyerahkan data KTP sebagai syarat dukungan. Kesempatan untuk menyerahkan data KTP diberikan selama lima hari, tepatnya pada 3-7 Agustus 2016.

BACA: Digugat Dua Pengamen Ini, Polda Metro Siap Ganti Rugi Gugatan Rp 1 Miliar

Sebelumnya, Soemarno mengaku menerima konfirmasi dari delapan orang yang menyatakan niatnya akan maju melalui jalur independen. Namun, ia enggan menyebutkan kedelapan nama itu karena belum ada kepastian.

"Tidak etis lah kalau saya menyebutkan nama-namanya karena belum tentu mereka akan datang. Kan baru konfirmasi. Apakah mereka akan datang beneran, kami tidak tahu," ujar Soemarno.

Penulis : Alsadad Rudi

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved