PKS Tolak Ajakan PKB Bentuk Koalisi di Pilkada DKI

"Kami semangatnya ingin membangun kebersamaan karena Jakarta yang besar ini kan perlu dibangun secara bersama-sama. Seperti yang sudah kami ..."

PKS Tolak Ajakan PKB Bentuk Koalisi di Pilkada DKI
Kahfi Dirga Cahya
Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas (kiri) dan Ketua DPW PPP DKI Jakarta Abdul Azis di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Selasa (2/8/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta, Syakir Purnomo, menyatakan bahwa partainya tidak ingin membangun koalisi hanya dengan sesama partai berasaskan Islam.

Pernyataan itu disampaikannya menanggapi adanya rencana Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk koalisi partai Islam bersama dengan PKS dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kami semangatnya ingin membangun kebersamaan karena Jakarta yang besar ini kan perlu dibangun secara bersama-sama. Seperti yang sudah kami lakukan dari awal, kami tidak hanya mengajak partai Islam saja, tapi juga partai-partai yang lain. Jangan ada dikotomi partai Islam partai nasionalis," kata Syakir kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2016).

Menurut Syakir, dalam beberapa bulan terakhir ini, PKS sudah rutin mengadakan pertemuan dengan pengurus berbagai partai, tidak hanya dengan partai yang berasaskan Islam. Ia kemudian mencontohkan pertemuan jajaran partainya dengan pengurus Gerindra, Demokrat, PPP hingga PDI Perjuangan.

"Dengan PDI-P bahkan sudah beberapa kali bertemu dengan pimpinan. Ini wujud bahwa PKS juga ingin berkoalisi dengan partai yang lain juga," ujar Syakir.

Atas dasar itu, Syakir menyatakan, PKS bersedia membangun koalisi dengan PKB dan PPP. Namun tidak terbatas pada sesama partai Islam.

"Jadi kalau ada ajakan dari PPP dan PKB, kami mau tapi ajak yang lain juga," kata Syakir.

Wacana koalisi partai Islam untuk menghadapi Pilkada 2017 pertama kali diungkapkan oleh Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas usai pertemuan dengan pengurus PPP, di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Hasbi mengatakan, sebagai awalan, PKB dan PPP diharapkan bisa sepakat untuk berkoalisi. Satu suara ini sebagai langkah awal untuk merealisasikan wacana koalisi partai Islam di Jakarta. Ada pun, nantinya partai Islam yang diharapkan bergabung antara lain PKB, PPP, PAN dan PKS.

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved