Di Daerah ini Petani Naik Mobil Mewah Harga Ratusan Juta Hanya untuk ke Kebun

Mayoritas petani daerah ini mengendarai mobil pikap mewah untuk pergi ke kebun seperti Toyota All New Hilux, dobel kabin, seharga Rp 430 jutaan

Di Daerah ini Petani Naik Mobil Mewah Harga Ratusan Juta Hanya untuk ke Kebun
Tribun Timur/Ivan Ismar
Toyota Hilux milik petani diparkir di kebun merica di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Minggu (7/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ivan Ismar

BANGKAPOS.COM, TOWUTI - Petani merica atau lada di Desa Bantilang, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, boleh dikata sebagai petani berkelas.

Mayoritas petani daerah ini mengendarai mobil pikap mewah untuk pergi ke kebun seperti Toyota All New Hilux, dobel kabin, seharga Rp 430 jutaan.

Medan lokasi perkebunan merica yang berada di perbukitan menjadi alasan petani daerah memiliki Hilux.

kades

Hampir setiap hari ratusan Hilux hilir mudik di lereng Gunung Masokkoran dan Batu Putih Bantilang.

Data yang dihimpun Tribun Timur sebanyak 405 kepala keluarga Desa Bantilang memiliki kebun merica.

"Itu baru kendaraan yang dipakai ke kebun," kata Kepala Desa Bantilang, Arifin, saat berbagi cerita kepada Tribun Timur, Minggu (7/8/2016).

"Malah ada satu rumah memiliki tiga mobil mewah, Toyota Hilux, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport," Arifin menambahkan.

Menurut Arifin, rupiah melimpah dan gengsi juga menjadi penyebab maraknya petani Bantilang memiliki dan mengendarai mobil mewah.

petani lada

"Orang Luwu itu kalau tetangga beli Fortuner, dia mau beli lebih di atasnya lagi," beber Arifin.

Namun, Arifin melanjutkan, hal tersebut patut dimaklumi orang luar, karena petani daerah ini telah merasakan kemelaratan puluhan tahun sebelum berkebun merica.

"Seandainya negara, warga di sini baru merdeka. Berapa puluh tahun jadi petani kayu dari orang Timampu, dan kami merasakan itu bagaimana pedihnya itu. Setelah ada merica, yah, jadi Hilux di seberang danau tidak bisa dihitung," kata Arifin.

Untuk keperluan servis kendaraan, perusahaan Toyota punya layanan rutin sampai ke daerah ini. Mereka sampai mendirikan tenda di lapangan Bantilang untuk melayani servis kendaraan warga di waktu tertentu.

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved