Tak Ada Lagi Perdebatan, Bupati Minta Sabtu OPD Dirampungkan

Pada tahun 2017 nanti, Pemkab Bangka akan melakukan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Tak Ada Lagi Perdebatan, Bupati Minta Sabtu OPD Dirampungkan
IST
Bupati Bangka H Tarmizi Saat didampingi Asisten Bidang Administrasi Setda Bangka Ahmad Mukhsin, ketika memimpin rapat pembentukan struktur organisasi Pemkab Bangka, Kamis (11/8/2016) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pada tahun 2017 nanti, Pemkab Bangka akan melakukan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Rapat pembahasan OPD ini dipimpin langsung Bupati Bangka, H Tarmizi Saat didampingi Asisten Administrasi Umum, H Akhmad Mukhsin, Kamis (11/8/2016) di Ruang Rapat Bina Praja Setda Bangka.

Rencananya Pemkab Bangka akan merampingkan struktur organisasi pemerintah dengan mengabungkan beberapa dinas dan instansi menjadi satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Beberapa SKPD yang akan digabungkan diantaranya adalah Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga akan menjadi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa akan digabungkan dengan Dinas Sosial menjadi Badan Pemerintahan Desa dan Sosial.

Badan Penanaman Modal digabungkan dengan Dinas Koperasi dan UMKM menjadi Badan Penanaman Modal, Koperasi dan UMKM, Dinas Tenaga Kerja digabungkan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan menjadi Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informasi digabungkan dengan Statistik menjadi Dinas Kominfo dan Statistik.

Dinas Perumahan digabungkan dengan Kawasan Pemukiman menjadi Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup akan digabungkan dengan Dinas Kehutanan menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian akan digabungkan dengan Ketahanan Pangan menjadi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dan DPPKAD akan digabungkan dengan keuangan menjadi Dinas Pendapatan dan Keuangan.

Namun perampingan struktur organisasi tersebut belum ditetapkan karena bupati masih meminta pendapat dan masukan dari para kepala SKPD di Kabupaten Bangka.

Pada kesempatan itu Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka M Kamil Abubakar mengusulkan agar Dinas Ketahanan Pangan bisa berdiri sendiri tidak digabungkan dengan Dinas Pertanian. Pasalnya daerah perlu melakukan diversifikasi pangan dan kewenangannya untuk kabupaten/kota sangat banyak. Justru dia mengusulkan agar Dinas Kelautan Perikanan yang digabungkan dengan Dinas Pertanian karena kewenangan kelautan sudah diambil alih oleh pemerintah provinsi sehingga kewenangannya sudah sedikit.

Selain itu ia mengusulkan agar dinas pendapatan daerah bisa berdiri sendiri tidak digabung dengan keuangan. "Kemampuan rentang kendali pimpinan terbatas, tidak mungkin berharap ada malaikat yang bisa mengawasi. Pimpinan tidak mampu mengendalikan sampai ke level bawah," ungkap Kamil.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved