7 Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia Ini Bakal Membuat Mata Anda Terbelalak

Gunung-gunung megah dan lautan yang berkilauan selalu menarik perhatian para petualang – tetapi terkadang alam menyembunyikan kejutan yang lebih besar

7 Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia Ini Bakal Membuat Mata Anda Terbelalak
wikipedia
Danau Merah Jambu Australia 

BANGKAPOS.COM--Gunung-gunung megah dan lautan yang berkilauan selalu menarik perhatian para petualang – tetapi terkadang alam menyembunyikan kejutan yang lebih besar.

Untuk menjelajahi beberapa dari pemandangan paling aneh di dunia, kami memanfaatkan situs tanya jawab, Quora, dan bertanya: Apa saja fenomena alam langka yang ada di Bumi?

Dari danau berwarna merah muda ala permen karet di Australia, air terjun merah darah di Antartika, pantai di sebuah lubang yang letaknya tersembunyi di Meksiko, serta sebuah lembah di Amerika Serikat yang bebatuannya bisa berpindah tempat secara misterius.

Ini semua adalah tujuh tempat di dunia yang dapat membuat mata Anda terbelalak.

Gelembung-gelembung gas metana yang membeku, Kanada

Mereka tampak seperti dunia lain, seperti piring terbang yang dijatuhkan ke dalam air dan membeku, atau fosil ubur-ubur yang terperangkap dalam es.

Nyatanya, lingkaran-lingkaran es ini adalah gelembung-gelembung gas metana yang membeku – kantung-kantung gas yang terjebak di bawah permukaan air dan membeku, membentuk pemandangan spektakuler.

Bisa disaksikan saat musim dingin di danau dataran tinggi seperti Danau Abraham di Alberta, Kanada, gelembung-gelembung gas ini terbentuk ketika daun-daun, rerumputan serta binatang-binatang mati jatuh ke dalam air, tenggelam dan dimakan oleh bakteri yang mengeluarkan gas metana.

Gas tersebut dilepaskan sebagai gelembung-gelembung yang berubah menjadi puluhan ribu cakram putih ketika mereka bersentuhan dengan air beku, papar pengguna Quora, Mayur Kanaiya.

Pemandangan ini mengagumkan, tetapi memiliki potensi yang berbahaya. Bakal gas rumah kaca ini tidak hanya menghangatkan planet, tetapi juga sangat mudah menyala.

Saat tiba musim semi, ketika es mencair, gelembung-gelembung gas metana itu meletus dan mendesis ketika melepaskan diri secara spektakuler – tetapi jika seseorang menyalakan korek api di dekatnya, gas metana yang melimpah itu akan memancing ledakan besar.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved