Jelang Sembahyang Rebut Klenteng Hap Miau Siapkan Patung Thai Se Ja

Klenteng Hap Miau di Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka bersiap menyambut ritual sembahyang rebut.

Jelang Sembahyang Rebut Klenteng Hap Miau Siapkan Patung Thai Se Ja
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Patung Thai Se Ja yang dibangun di depan Klenteng Hap Miau Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung, Minggu (14/8/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Klenteng Hap Miau di Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka bersiap menyambut ritual sembahyang rebut yang tahun ini jatuh pada tanggal 17 Agustus 2016.

Termasuk mendirikan patung Thai Se Ja atau patung Dewa Akhirat (ada juga yang mengartikan Penjaga Arwah-arwah).

Aho pengurus Klenteng Hap Miau Minggu (14/8/2016) mengatakan pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 40 juta untuk membangun Patung Thai Se Ja berukuran 10 meter dalam posisi duduk.

Nilai ini cukup hemat pasalnya warga disekitar Klenteng yang mayoritas warga keturunan Tionghoa ini bergotong royong mengerjakan patung tersebut.

Berbeda dengan sejumlah klenteng lain di Pulau Bangka yang banyak mengupah orang untuk membuat patung sehingga biayannya membengkak bahkan mencapai Rp 100 juta untuk membangun patung tersebut.

"Kalau di klenteng kita warga sekitar selalu bergotong royong membangun Patung Thai Se Ja jadi bisa menghemat biaya tanpa harus membayar upah pekerja," kata Aho

Nantinya patung ini akan dibakar usai dilakukan rebutan sesaji oleh warga.

Dibakarnya patung sebagai simbol akhir masa arwah-arwah yang gentanyangan untuk kembali ke alamnya dan tidak menggangu manusia.

Penulis: deddy_marjaya
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved