Breaking News:

Komunitas Bajang Bakal Kibarkan Merah Putih di Puncak Bukit Maras

Bahkan dua tahun silam sempat dibentuk panitia bersama untuk yang peserta upacaranya mencapai 1.000 orang.

IST
Upacara 17 Agustus 2015 di Bukit Maras 

BANGKAPOS.com - Komunitas Pecinta Alam Barisan Jiwa Petualang (Bajang) berencana akan mengibarkan Sang Saka Merah Puti di puncak Bukit Maras yang ketinggiannya mencapai 600 mdpl.

Upacara pengibaran Merah Putih di titik bukit tertinggi di Pulau Bangka sudah menjadi rutinitas Komunitas Bajang sejak dua tahun silam.

Dalam Perayaan HUT RI ke 71 anggota komunitas Bajang akan memulai pendakian pada Selasa (16/8/2016) malam.

Belum dapat dipastikan berapa anggota Bajang yang akan turun serta melaksanakan upacara di Bukit Maras yang terletak di Kabupaten Bangka.

"Komunitas kita kan kebanyakan kerja jadi sekitar jam 17.00 itu berangkat dari Pangkalpinang, mungkin sampai malem dan ngedaki malam. Kalau untuk mendaki biasanya dengan normal itu bisa 2 jam sampai di puncak, tapi kalau kita santai karena sambil ngobrol bisa 2-3 jam," kata Hamid (39) anggota Komunitas Bajang, saat dihubungi bangkapos.com, Senin (15/8/2016).

Berdasarkan pengalamannya Hamid menceritakan tidak hanya Bajang yang akan melaksanakan upacara di Bukit Maras.

Biasanya banyak pendaki lain dari komunitas pecinta alam maupun bukan yang mengikuti kegiatan sakral itu.

Bahkan dua tahun silam sempat dibentuk panitia bersama untuk yang peserta upacaranya mencapai 1.000 orang. Ia bahkan optimistis tahun ini juga akan ramai dikunjungi pendaki untuk merayakan momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

"Kalau melihat dari yang tahun kemarin tahun 2014 itu di atas 1000-an orang yang naik karena ada panitia bersama, tahun 2015 itu kurang lebih hampir sekitaran 600-700 orang. Kalau prediksi saya berkaca dari 2 tahun ke belakang saya yakin tahun ini juga pasti bakalan ramai, masing-masing komunitas akan ikut walaupun waktu terbatas," kata Hamid.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved