Erzaldi Berharap Kemerdekaan Petani Lada Bisa Terwujud, Begini Caranya

Tanaman lada yang saat ini kembali menjadi primadona, diharapkan mampu memberikan kesejahteraan kepada para petani.

Bangkapos.com/Dok
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Petani lada warga Kelurahan Tuatunu Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yusuf berharap dalam suasana kemerdekaan ke-71 RI ini, harga lada pun bisa merdeka dari permainan cukong lada.

Tanaman lada yang saat ini kembali menjadi primadona, diharapkan mampu memberikan kesejahteraan kepada para petani.

"Mudah-mudahan momen perayaan kemerdekaan ini, harga lada pun bisa merdeka dari permainan para cukong lada," harap Yusuf.

Menyikapi keluhan para petani soal harga lada yang mulai menurun ini, Bupati Bangka Tengah Erzaldi Roesman menyatakan dirinya saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa investor lada.

"Saya sudah berbicara dengan beberapa teman untuk ikut membeli lada-lada dari petani kitaini dengan harga yang lebih baik. Caranya para investor ini langsung membeli lada di desa-desa, sehingga rentang perjanalan lada dari petani hingga ke eksportir ini tidak terlalu panjang," ujar Erzaldi.

Menurut Erzaldi, dengan sistim mendekatkan eksportir dengan petani ini, diharapkan bisa mengurangai biaya. Sehingga harga ditingkat petani bisa lebih baik dengan sistim berantai sekarang ini.

"Agar harga lebih stabil, pembelian lada petani ini juga diatur ritmenya, tidak jor-joran, tetapi kontinyu. Sehingga petani bisa mendapatkan harga yang lebih menguntungkan. Dengan begitu kemerdekan petani lada bisa segera terwujud," tukas Erzaldi

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved