Gempa Basel Harap Bupati Buat Taman Kota

Selama ini Toboali belum memiliki taman hijau yang bisa digunakan masyarakat untuk tempat bersantai.

Gempa Basel Harap Bupati Buat Taman Kota
Ketua Gempa Basel, Yudi Andrianto

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan (Gempa) Kabupaten Bangka Selatan Yudi Andrianto mendorong Bupati Bangka Selatan Justiar Noer agar bisa memprioritaskan pembangunan taman Kota di Bangka Selatan.

Pasalnya, kata Yudi selama ini Toboali belum memiliki taman hijau yang bisa digunakan masyarakat untuk tempat bersantai.

Yudi menjelaskan, dalam Undang undang Nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang disebutkan bahwa kawasan hijau taman kota adalah salah satu klasifikasi dari ruang terbuka hijau (RTH) yang memberikan ketersediaan ruang untuk interaksi sosial.

"Pembangunan taman kota tersebut menurut peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, menyebutkan bahwa setiap daerah wajib memiliki taman kota minimal seluas 30 persen dari total luas wilayah," jelas Oday panggilan akrab Yudi, kepada Bangkapos.com, Minggu (28/8/2016).

Ia menambahkan bahwa peraturan Menteri (Permen) tersebut juga mengatur bahwa pemerintah daerah wajib menyediakan 20 persen lahan untuk taman kota dengan 10 persen lahan lainnya dibebankan pada korporasi.

"Sudah sepantasnya kota Toboali memiliki taman kota (Urban park) sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai dan menyenangkan bagi masyarakat Toboali kota dan sekitarnya. Sekaligus ini juga sebagai solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat yang harmonis terhadap lingkungan alami yang menyehatkan," kata Yudi.

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved