Angkat Andi Hudirman Jadi Sekwan, Ini Penjelasan Bupati Tarmizi

Tarmizi menyatakan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekwan) tidak semata-mata ditentukan baperjakat dan bupati.

Angkat Andi Hudirman Jadi Sekwan, Ini Penjelasan Bupati Tarmizi
Bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menyalami Andi Hudirman bersama istri yang dilantik sebagai sekwan di DPRD Kabupaten Bangka, Kamis (1/9/2016) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Bupati Bangka H Tarmizi Saat menjelaskan kronologis pelantikan sekwan hingga ditetapkanlah dan dilantiknya Andi Hudirman sebagai Sekwan Bangka, Kamis (1/9/2016) di Ruang Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka.

Ia menyatakan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekwan) tidak semata-mata ditentukan baperjakat dan bupati.

Untuk seleksi jabatan sekwan ini pertama dilaksanakan pengumuman seleksi jabatan pejabat pratama tinggi ini, kemudian dilakukan seleksi oleh timsel yang terdiri dari perguruan tinggi, inspektorat, dan BKPP yang dipimpin Sekda Bangka, hasilnya disampaikan kepada Polda Babel untuk seleksi kembali, nilainya keduanya kemudian digabung.

"Nilai Erry Gunawan sedikit diatas atas Andi Hudirman," kata Tarmizi saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (1/9/2016) di Ruang Tunggu Bupati Bangka.

Menurutnya sebelum menentukan calon sekwan yang akan diseleksi oleh baperjakat, nama calon yang ikut seleksi jabatan sekwan ini diajukan ke dewan dimana ada tujuh calon yang ikut.

"Mereka (pimpinan dewan-red) setuju semuanya untuk ikut seleksi sekwan," jelas Tarmizi.

Diakuinya penyebab tertundanya pelantikan sekwan ini pertama dirinya sakit dan kedua keluarnya peraturan pemerintah terbaru.

Dalam PP terbaru ini penentuan sekwan disamping oleh pimpinan dewan perlu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan fraksi. Kemudian dibuat surat oleh baperjakat yang ditandatanganinya untuk dikirimkan ke DPRD Kabupaten Bangka.

"Rupanya PP itu belum berlaku, jadi kita kembali kepada PP yang lama bahwa sekwan itu diputuskan oleh bupati setelah persetujuan pimpinan DPRD. Setelah kita cek dengan berbagai pertimbangan dari tiga itu kita buat ke Komisi ASN. Komisi ASN tidak menentukan tidak harus nomor satu, nomor dua dan tiga. Jadi kita putuskanlah kepada Pak Andi Hudirman," jelas Tarmizi.

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved