Dinkes Basel Tak Pernah Libatkan Dokter dalam Pengadaan Obat di Puskesmas

Tidak pernah melibatkan dan berkoordinasi sesuai permintaan puskesmas, kami mengusulkan A yang datang B

Dinkes Basel Tak Pernah Libatkan Dokter dalam Pengadaan Obat di Puskesmas
Bangkapos/Riki Pratama
dr Rudi Hartono,Dokter Puskesmas di Bangka Selatan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA--dr Rudi Hartono dokter Puskesmas di Basel mengungkapkan bahwa selama ini pihak puskesmas tidak pernah di libatkan dalam pengadaan obat di puskemas, padahal menurutnya yang mengetahui kebutuhan dan permintaan obat adalah pihak puskesmas sendiri.

"Tidak pernah melibatkan dan berkoordinasi sesuai permintaan puskesmas, kami mengusulkan A yang datang B itu selama saya menjabat sejak tahun 2015,"jelas Rudi kepada bangkapos.com, Kamis (1/9/2016)

Tak hanya itu, ia mengatakan bahwa, dalam perencanaan obat idealnya dilibatkan pihak dokter di puskesmas, dalam pengadaan obat, yang melihat kebutuhan obat di puskesmas.

"Seharusnya dalam perencanaan harus dilibatkan dokter, kita memberikan obat tergantung permintaan dan penyakit di Puskesmas,"ujarnya

Bapak tiga orang anak ini juga menyampaikan bahwa selama ini pihak Puskesmas selalu melaporkan pemakaian dan penggunakan obat di puskesmas.

Tidak pernah membiarkan obat tidak terpakai hingga ekspayet.

"Kita sering menyampaikan permintaan ke dinas setiap per triwulan, banyak permintaan obat yang kami minta tetapi tidak datang, seperti obat batuk, lambung, kami juga mengembalikan ke dinkes apabila ada obat yang telah mendekati masa expired,"ujarnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved