Gejala Awal DBD dan Virus Zika Sama tapi Anda Perlu Kenali Perbedaannya

Gejalah awal virus zika hampir sama dengan penderita DBD, pasien mengalami panas tinggi, nyeri di persendian dan sering kehausan.

Gejala Awal DBD dan Virus Zika Sama tapi Anda Perlu Kenali Perbedaannya
net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, BATAM - Gejala penyakit yang ditimbulkan oleh virus Zika tidak jauh berbeda dengan penyakti demam berdarah Dengue (DBD).

Hanya saja, jika terserang virus Zika, thrombosit pasien lebih lama turun. Sedangkan thrombosit pada DBD sangat cepat turun.

Dokter Erman SPA, spesialis anak di RSUD Embung Fatimah, Batam, mengatakan, gejalah awal hampir sama dengan penderita DBD, pasien mengalami panas tinggi, nyeri di persendian dan sering kehausan.

"Perbedaannya terlihat jelas dimana pasien penderita DBD, thrombosit nya drastis langsung menurun. Sementara pasien Zika, thrombositnya menurun secara perlahan-lahan,"kata Erman.

Erman menjelaskan meski gejala yang dirasakan pasien sama, namun efek yang ditimbulkan oleh virus Zika lebih berbahaya dibandingkanDBD.

"Untuk pasien Zika, efeknya bisa mengenai kerusakan otak, jantung, dan organ lain. Sementara efek yang ditimbulkan DBD, hanya dehidrasi yang mengakibatkan kematian jika terlambat ditangai,"kata Erman.

Sementara untuk penyebaran Virus Zika dengan penyebaran DBD, sama.

Keduanya sama-sama disebarkan oleh nyamuk Aides Aigepty.

"Jadi untuk pencegahannya sama saja dengan DBD, dengan melaksanakan 3M plus yakni menguras, menutup dan mengubur, serta membersihkan tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat kembang biak nyamuk," kata Erman.

Indonesia paling rentan virus zika

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved