Peneliti UGM Sebut Cacing Penyebab Penyakit Kuning Lada

Menurut Bambang, cacing kecil (nematoda) itu yang membuka dan ada luka pada bagian batang membuat jamur gampang masuk ke bagian batang lada.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALPINANG -- Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Bambang Hadisutrisno bersama Siwi Indarti, Sedyo Hartono dan Dyah Manohara selama beberapa hari ini akan melakukan penelitian terhadap penyakit tanaman lada.

Adanya penyakit kuning pada tanaman lada baru ada di Kalimantan Barat dan Bangka.

Dijelaskan ketua tim peneliti dari UGM, https://www.youtube.com/watch?v=l6U7R7BajVM&feature=youtu.be. Diantaranya berupa nematoda (cacing-cacing kecil).

Dimana menurut Bambang, cacing kecil (nematoda) itu yang membuka dan ada luka pada bagian batang membuat jamur gampang masuk ke bagian batang lada. Sehingga tanaman lada kena penyakit kuning.

"Bila lahanya kurus, maka penyakit kuningnya cepat berkembang," ujar Prof Bambang, ditemui usai menjelaskan permasalahan lada di Bangka Belitung dihadapan Gubernur Babel H Rustam Effendi serta pejabat eselon II di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur Babel di Pangkalpinang, Senin (5/9/2016).

Penulis: agusrya
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved