Garuda dan Penyu Jadi Tema Bangka Culture Wave 2016

pembukaan Bangka Culture Wave ini Profesor Jean Couteau menampilkan orasi budaya yang mengulas Mitologi Garuda dan Penyu.

Garuda dan Penyu Jadi Tema Bangka Culture Wave 2016
Bangkapos.com/Nurhayati
Profesor JeanCouteau saat menampilkan orasi budaya yang mengulas Mitologi Garuda dan Penyu pada acara Bangka Culture Wave 2016, Kamis (8/9/2016) di Pantai Tongaci Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tema dari Bangka Culture Wave (BCW) 2016 ini adalah Garuda dan Penyu.

Pada pembukaan Bangka Culture Wave ini Profesor Jean Couteau menampilkan orasi budaya yang mengulas Mitologi Garuda dan Penyu.

Pemilik DeLocomotief Arts Stage, Sian Sugito memiliki koleksi Garuda karya seniman-seniman terbaik di Indonesia. Ada sembilan koleksi Garuda yang diperoleh dari pencarian tradisi yang berkembang.

"Ini ada hubungannya dengan masyarakat Bangka. Ada satu cerita dari Mapur saya pernah memperoleh cerita bagaimana masyarakat Bangka. Ini tentunya mitos, dimana masyarakat Bangka berasal dari sekumpulan burung darapeta, burung yang sedemikian rupa dari Kerajaan Jawa yang terbang ke Bangka selesai masa penasbihannya kemudian menjadi manusia dan sebagian kembali ke Jawa tetapi ada yang tinggal di sini. Inilah asal usul masyarakat Bangka," ungkap Baturahzen dalam sambutannya pada acara Bangka Culture Wave 2016, Kamis (8/9/2016) di Pantai Tongaci Sungailiat.

Begitu juga mitologi tentang penyu dimana menjadi sumber keabadian, kehidupan, kesabaran, kekuatan, kesejahteraan dan keindahan.

"Itulah Bangka Culture Wave tema utamanya adalah Garuda dan Penyu dalam Kosmologi Budaya Nusantara," jelas Baturahzen.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved