Potensi Zakat Pangkalpinang Sangat Besar, Pengelolaannya Butuh Perda

DPRD Kota Pangkalpinang berinisiatif membentuk panitia khusus terkait pembahasan raperda pengelolaan zakat di Kota Pangkalpinang

Potensi Zakat Pangkalpinang Sangat Besar, Pengelolaannya Butuh Perda
IST
Pembahasan Raperda Pengelolaan Zakat di DPRD Pangkalpinang, Kamis (8/9/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - ‎Potensi zakat di Kota Pangkalpinang sangat besar, sehingga akan memiliki banyak manfaat jika dikelola dengan amanah dan profesional.

Berbekal dari kondisi itu,‎ DPRD Kota Pangkalpinang berinisiatif membentuk panitia khusus terkait pembahasan raperda pengelolaan zakat di Kota Pangkalpinang.

"Maka raperda ini menjadi sesuatu yang patut diperjuangkan karena disatu sisi pembayaran zakat merupakan hal yang wajib bagi setiap muslim, dan kedua, pengelolaan zakat ini memiliki potensi untuk menjadi solusi permasalahan sosial yang ada di masyarakat," kata Wakil Ketua Pansus 2 Raperda Pengelolaan Zakat DPRD Pangkalpinang Rio Setiady kepada bangkapos.com, Kamis (8/9/2016).

Menurutnya, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya optimalisasi zakat memang tidak mudah.
DPRD, ujarnya, tidak akan bergerak sendiri, seluruh unsur dalam lembaga Islam dan dakwah akan dilibatkan, baik MUI, Baznas, dan ormas - ormas Islam lainnya.

Sosialisasi ini tentu menjadi poin penting dalam membangun semangat sadar zakat.

"Tentu harapan kita perda pengelolaan zakat ini dapat menjadi payung hukum yang dapat menarik dana zakat dengan optimal sekaligus mendayagunakannnya secara maksimal bagi kemaslahatan masyarakat," ujar Rio.

Cara berpikir pengelolaan zakat juga harus progresif yaitu pengelolaan zakat mampu berdayaguna memindahkan status mustahik menjadi muzaki, dari penerima zakat menjadi pemberi zakat.

"Jangan sampai penerima zakat menjadi status tetap yang bergulir setiap bulan tanpa ada usaha berpindah ke zona muzaki. Kami di DPRD Kota Pangkalpinang siap menerima masukan dari seluruh unsur masyarakat demi suksesnya pembahasan dan pelaksanaan raperda ini," pungkas Rio.

Penulis: Alza Munzi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved