Hasil Kunjungan Ombudsman Babel, di Kabupaten Bangka Ada 23.201 Warga Belum Punya E KTP

Untuk di wilayah Kabupaten Bangka sendiri masih tercatat 23.201 (dua puluh tiga ribu dua ratus satu) jiwa wajib E-KTP yang belum merekam

Hasil Kunjungan Ombudsman Babel, di Kabupaten Bangka  Ada 23.201 Warga Belum Punya E KTP
ist
Ketua Ombudsman Babel Jumli Jamaluddin memantau pelaksanaan perekaman E KTP di Dukcapil Bangka, Rabu (1/9/2016) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bangka Belitung selain melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang pada Rabu (14/9/2016) melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka di Sungailiat.

Kedatangan Ombudsman Babel selain koordinasi, juga melakukan pemantauan langsung terkait dengan pelayanan E-KTP dan bertemu beberapa warga yang mengurusi E-KTP di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bangka di Sungailiat.

Pada kesempatan itu, Ketua Perwakilan Ombudsman RI Babel, Jumli Jamaluddin didampingi 1 asisten, Prana Susiko, bertemu langsung Kepala Disdukcapil Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan didampingi Kabid. Kependudukan, Agus Supriatna, Kabid. Pencatatan Sipil, Muhtar, dan Kabid. Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Aswan.

Ombudsman Babel pada pertemuan tersebut menyampaikan hasil pertemuan antara Ombudsman Republik Indonesia dengan Kementerian Dalam Negeri RI di Kantor Ombudsman RI di Jakarta pada tanggal 1 September 2016 yang lalu, dan melakukan pemantauan secara langsung proses dan pelayanan E-KTP di Disdukcapil Kabupaten Bangka di Sungailiat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan, mengungkapkan untuk saat ini khususnya di Kabupaten Bangka tidak ada kendala yang berarti dalam pelayanan E-KTP, untuk persediaan blanko E-KTP di Disdukcapil Kabupaten Bangka masih cukup.

"Disdukcapil Kabupaten Bangka khusus untuk pelayanan E-KTP ditambahkan waktu sampai jam 17.00 setiap harinya, yang biasanya hanya sampai jam 14.00 sesuai jam kerja di Kabupaten Bangka, Senin sampai dengan Sabtu. Namun, biasanya pada jam-jam sore sudah sepi yang datang mengurus E-KTP, jadi hanya keliatan ramai pada jam-jam pagi sampai siang saja, padahal jam pelayanan sampai sore jam 17.00," jelas Rahmad Gunawan.

Menurutnya, untuk saat ini alat rekam E-KTP yang ada di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bangka ada 4 unit dan berfungsi semua, selain juga ada di kantor Kecamatan.

"Untuk di wilayah Kabupaten Bangka sendiri masih tercatat 23.201 (dua puluh tiga ribu dua ratus satu) jiwa wajib E-KTP yang belum merekam E-KTP dari 219.611 (dua ratus sembilan belas ribu enam ratus sebelas) jiwa yang wajib E-KTP," ungkap Rahmad.

Ketua Ombudsman Babel Jumli Jamaluddin pada kesempatan tersebut melakukan pemantauan langsung pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bangka terkait dengan proses E-KTP tersebut.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved