6.000 Ponsel Android Terinfeksi Trojan Berkedok 'Pokemon Go'

Fenomena Pokemon Go yang melanda seluruh dunia turut dimanfaatkan oleh para kriminal cyber pembuat program jahat. Salah satu contohya adalah trojan...

6.000 Ponsel Android Terinfeksi Trojan Berkedok 'Pokemon Go'
technewstoday.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM -- Fenomena Pokemon Go yang melanda seluruh dunia turut dimanfaatkan oleh para kriminal cyber pembuat program jahat. Salah satu contohya adalah trojan berkedok panduan untuk game populer tersebut.

BACA: Cerita Sang PSK, 'Pasang Tarif 50 Ribu, Belum Dapat Pelanggan, Sekarang Ditangkap Pula'

Menurut firma keamanan Kaspersky, trojan ini beredar di toko aplikasi Android Google Play Store dengan menyamarkan diri sebagai software “Guide for Pokemon Go”.

BACA: Benarkah Ketua DPD R Ini yang Ditangkap KPK? Ternyata Inilah Isi Tweet Terakhirnya

Trojan yang bersangkutan telah diunduh sebanyak 500.000 kali dan menginfeksi setidaknya 6.000 perangkat, tulis Kaspersky dalam keterangan yang dilayangkan ke KompasTekno, Sabtu (17/9/2016).  

Ribuan perangkat yang terinfeksi itu tersebar di beberapa negara, termasuk Rusia, India, dan Indonesia.

BACA: Bupati Ini Berani Bilang Aneh, 'Ahok Marah-marah Dianggap Luar Biasa, Dianggap Hebat'

Kaspersky menjelaskan, trojan “Guide for Pokemon Go” mampu merebut hak akses root di smartphone Android dan menggunakannya untuk memasang atau menghapus aplikasi, serta menampilkan iklan pada ponsel.

“Jika Anda telah terinfeksi, maka ada orang lain di dalam ponsel Anda yang memiliki kontrol atas OS dan semua yang Anda lakukan dan simpan di dalamnya,” ujar Analis Malware Senior Kaspersky, Roman Unuchek.

Bagi pengguna yang perangkatnya terlanjur terinfeksi, Kaspersky menyarankan factory reset untuk menghapus trojan.

Kaspersky telah melaporkan keberadaan “Guide for Pokemon Go” ke Google. Program jahat yang menyamar dengan kedok Pokemon Go ini sekarang telah dihapus dari Play Store. 

Penulis : Oik Yusuf

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved