Administrasi Kependudukan Dilakukan Secara Online

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Bangka menyelenggarakan pelatihan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil

Administrasi Kependudukan Dilakukan Secara Online
IST
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Bangka menyelenggarakan pelatihan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil kabupaten Bangka tahun 2016. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Bangka menyelenggarakan pelatihan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil kabupaten Bangka tahun 2016.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari di Wisma Pondok Mulya Sungailiat, dibuka Senin (19/9) oleh Bupati Bangka diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Drs. Arman.

Peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi petugas pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di tingkat desa dan kelurahan yang memiliki kompetensi yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang mudah, murah cepat dan akurat sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“ Ketrampilan yang diberikan kepada para peserta untuk terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat,” jelas Aswan, panitia pelaksana pelatihan.

Dukcapil kabupaten Bangka dalam memberikan pelayanan terkait administrasi kependudukan dilakukan secara online.

Kesempatan tersebut Asiten Pemerintahan dan Kesra Drs. Arman menjelaskan, pelayanan kependudukan di kabupaten Bangka dilakukan secara on line agar masyarakat, terutama yang berada di kecamatan di luar Sungailiat dapat dengan cepat dan mudah dalam mendapatkan pelayanan.

Termasuk pelayanan yang diberikan dalam pembuatan akte kelahiran secara on line, bagi bayi yang baru lahir dapat segera dicetakkan akte kelhirannya dari Puskesmas dan rumah sakit tempat bayi dilahirkan.

Diharapkan kepada para peserta pelatihan dapat menerima materi pelatihan dengan baik sehingga dapat diaplikasi dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, sehingga terwujudnya pelayanan terbaik dapat diberikan kepada masyarakat.

Sementara itu pembuatan administrasi kependudukan diantaranya akte kelahiran, KTP, kartu keluarga di kabupaten Bangka tidak dikenakan biaya (gratis).

Peserta pelatihan berjumlah 79 orang, merupakan para perangkat desa dan kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Nara sumber yang memberikan pembekalan berasal dari Badan Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan pejabat eselon di lingkungan Dukcapil kabupaten Bangka.

Pmbukaan pelatihan di hadiri Kepala Dinas Dukcapim Kabupaten Bangka Rahmad Gunawan, utusan dari kementerian Dalam Negeri dan utusan SKPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved