Pemkab Bangka Berupaya Genjot PAD

Untuk mengantisipasi kekurangan dana APBD, Pemerintah Kabupaten Bangka berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pemkab Bangka Berupaya Genjot PAD
IST
Rapat koordinasi Pendapatan Asli Daerah dan Evaluasi Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Bangka 2016 di ruang rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berkurang kucuran dana dari pemerintah pusat menyebabkan berkurangnya APBD kabupaten Bangka, dalam pembiayaan pelaksanaan berbagai program pembangunan dan pelayanan publik.

Untuk mengantisipasi kekurangan dana APBD, Pemerintah Kabupaten Bangka berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan aparaturnya yang menjalankan tugas dalam melakukan pemungutan restribusi maupun pajak daerah utuk memiliki kreasi guna mendapatkan peluang pungutan yang dapat meningkatkan pendatan bagi daerah.

Hal itu dikatakan Bupati, Kamis (22/9) pada rapat koordinasi Pendapatan Asli Daerah dan Evaluasi Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Bangka 2016 di ruang rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Bupati menjelaskan, masih banyak peluang untuk meningkatkan pendapatan daerah, baik dari restribusi dan pajak daerah, juga dapat menginventarisir aset Pemerintah Kabupaten Bangka, baik yang berada di wilayah Kabupaten Bangka maupun di luar kabupaten Bangka.

Menurutnya, untuk aset yang memungkinkan dapat dijual, lakukan lelang sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Pemerintah Kabupaten Bangka akan memberlakukan teks amnesti pajak lokal, untuk memberikan kemudahan perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan dan restribusi lainnya sehingga dapat meningkatkan restribusi dan pajak daerah dari perizinan tersebut.

Sementara itu Sekda Bangka Fery Insani menjelaskan, untuk aturan teks amnesti pajak sudah dibuat aturan tinggal menunggu tandatangan Bupati Bangka.

Bupati Bangka dalam rapat tersebut menanyakan langsung kepada penanggungjawab pelaksana pemungutan restribusi dan pajak daerah yang dilakukan masing – masing SKPD.

Kesempatan tersebut Bupati mendengarkan langsung penyebab dari penerimaan pendapatan daerah yang belum memenuhi target.

Untuk itu Bupati minta kesungguhan aparaturnya untuk merealisasikan pendapatan daerah, khususnya yang masih belum memenuhi target.

Rapat koordinasi Pendapatan Asli Daerah dan Evaluasi Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Bangka sampai dengan Agustus 2016 , juga dihadiri Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Bangka.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved