Usulan KEK Tuing Batal

Usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di daerah itu berubah dalam beberapa hari setelah kabar tersebut disambut antusias masyarakat setempat.

Usulan KEK Tuing Batal

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masyarakat Desa Tuing, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka kecewa. Usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di daerah itu berubah dalam beberapa hari setelah kabar tersebut disambut antusias masyarakat setempat.

Kekecewaan masyarakat Desa Tuing disampaikan Agus Sari, yang menjabat Kepala Desa, Selasa (27/9). Pun secara pribadi, Agus merasa kecewa.

"Hal ini sampai sekarang masih jadi perbincangan masyarakat," kata Agus kepada Bangka Pos.

Dikatakan Agus Sari, sejak ada informasi usulan KEK di Tuing, masyarakat Tuing dan desa-desa sekitarnya menyambut baik dan antusias. Namun berselang tiga hari, muncul kabar usulan itu ditarik.

"Masyarakat kami tahu ya hanya dari berita saja, ketika rencana itu mengemuka, Tuing salah satunya yang menjadi KEK, itu yang disampaikan masyarakat ke kami," ujarnya.

Ditambahkan Agus, sejak rencana dari pusat itu digulirkan hingga ditarik kembali, Pemdes dan masyarakat Mapur juga tidak ada menerima pemberitahuan resmi dari pemerintah.

Camat Riausilip, Saparudin mengaku sudah mendapat kabar pembatalan KEK Tuing. Namun dia mengarahkan wartawan untuk menanyakan detilnya ke Pemda.

"Rencana awal (KEK) di Tuing, kabanya seperti itu (ditarik), informasi sementara seperti itu, tapi untuk penjelasan lebih lajut kenapa ditarik, tanyalah ke Pemda (Pemda Bangka) ya," kata Saparudin.

Usulan KEK Tuing mengemuka ketika pemerintah pusat melakukan peletakan batu pertama KEK Tanjung Kelayang di Belitung pada awal September lalu. Kala itu Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan ketertarikannya dengan wilayah Tuing. Arief menyebut Tuing dari beberapa usulan KEK yang diajukan beberapa Pemda di Pulau Bangka.

"Apalagi lahan yang sediakan cukup besar, 1337 hektar. Kalau begitu mencari investor tidak terlalu susah, dan KPPN (kawasan pengembang pariwisata nasional) sudah punya atraksi yang bagus," kata Arief di sela kegiatan peletakan batu pertama KEK Tanjungkelayang di Belitung, Jumat (2/9).

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved