Mitsubishi Akhirnya Akui Calya-Sigra Ternyata 'Mengganggu'

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kembali meramaikan pasar mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Bermodalkan kapasitas tujuh ...

Mitsubishi Akhirnya Akui Calya-Sigra Ternyata 'Mengganggu'
Otomania/Setyo Adi
New Mirage di GIIAS 2016 

BANGKAPOS.COM, SURABAYA -- Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kembali meramaikan pasar mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Bermodalkan kapasitas tujuh penumpang, kedua pendatang baru itu langsung mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat.

Sejak pertama diluncurkan bulan lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sekarang penjualannya sudah tembus 19.992 unit. Hasil tersebut diakui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menggerus pasar mobil kota (city car).

"Tidak bisa dipungkiri kalau pasar city car kelas A ada beberapa yang memang tergerus," ucap Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT KTB di sela acara media test drive New Mirage di Surabaya, Jawa Timur.

Alasan tergerusnya, kata Imam karena karakter konsumen di kelas tersebut sangat sensitif terhadap harga hingga program kredit. Sehingga, muncul mobil yang lebih murah serta kapasitas lebih besar otomatis langsung pindah.

"Jadi seperti uang muka, kredit, bunga kredit sangat dipertimbangkan oleh konsumen di kelas tersebut," ujar Imam.

Model Mitsubishi di kelas itu, yakni Mirage. Menurut Imam, berkat ubahan yang dilakukan di eksterior dan interior maka diharapkan bisa meningkatkan pangsa pasar.

"Tahun lalu 17 persen, setidaknya sekarang ini menjadi 18 atau 19 persen. Kalau berhasil tercapai sudah bagus sekali, karena kami sadar bahwa pasarnya sudah tergerus oleh produk baru itu," kata Imam.

Sejak diluncurkan Juli 2016, kini penjualan New Mirage sudah tembus kurang lebih 400 unit. Proses pengiriman ke tangan konsumen akan dilakukan bulan depan. (*/Otomania )

Penulis : Aditya Maulana

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved