Aek Anget di Belinyu Belum Aman, Warga Pun Komit Jaga Lokasi Objek Wisata

"Aek Anget ini potensi wisata, tapi di situ masih berpotensi untuk dimasuki TI atau tambang Inkonvensional. Untuk menghindarkan Aek Anget dari..."

Aek Anget di Belinyu Belum Aman, Warga Pun Komit Jaga Lokasi Objek Wisata
Bangkapos/riyadi
Obyek Wisata Aek Anget di Dusun Aek Anget Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

BELINYU, BN -- Kepala Desa Gunung Muda, Tjunkim menegaskan bahwa pemerintah desa berkomitmen untuk menjaga lokasi obyek wisata aek anget agar tidak dirambah aktivitas penambangan. 

"Aek Anget ini potensi wisata, tapi di situ masih berpotensi untuk dimasuki TI atau tambang Inkonvensional. Untuk menghindarkan Aek Anget dari kegiatan penambangan maka harus kami awasi," kata Tjhunkim, Jumat (30/9).

Sekdes Gunung Pelawan Roliza mengatakan, tahun ini Pemdes Gunung Pelawan sudah memprogramkan pembangunan gorong-gorong dan pembukaan jalan menuju lokasi Aek Anget.

Roliza mengatakan, beberapa hari lalu, Pemdes Gunung Pelawan menertibkan TI yang beroperasi di sekitar Aek Anget.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Rozali mengatakan, pihaknya siap melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) yang menjarah kawasan sekitar Aek Anget di Dusun Aek Anget Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

"Kami siap jika menertibkan TI di Aek Anget itu bersama camat, pemerintah desa dan TNI/polri bersama tim terpadu untuk merazia TI yang beroperasi di sana," tegas Rozali saat dikonfirmasi harian ini Jumat (30/9) malam.

Sebelumnya ia sudah menelepon Personil Satpol PP Kabupaten Bangka yang di BKO kan di Belinyu di perwakilan kantor bupati dan kantor camat sebanyak 10 orang untuk mengetahui kondisi TI yang beroperasi di Kawasan Aek Anget tersebut.

Sebelumnya, aktivitas TI yang beroperasi disana barulah mulai kerja.

Disisi lain, Rozali mengaku kesulitan pasalnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, kewenangan pertambangan sudah diserahkan kepada pihak pemerintah provinsi.

Namun begitu, pihaknya juga pada rapat koordinasi dengan Satpol PP provinsi di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat baru-baru ini sudah berkoordinasi untuk masalah pertambangan terutama mengenai penertiban TI. (yik/chy)

Editor: asmadi
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved