Erzaldi Serius Kembalikan Kejayaan Lada Babel, Banyak Petani Ucapkan Terima Kasih

Baru-baru ini, salah seorang petani lada di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bupati Bangka Tengah

ist
Erzaldi Rosman sering turun ke desa-desa bertemu para petani lada, untuk berdialog mencari solusi untuk kebaikan para petani lada. Contohnya saat Erzaldi bertemu para petani lada di Desa Puput Kecamatan Simpangkatis Bangka Tengah beberapa waktu lalu. (Ist) 

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Program mengembalikan kejayaan lada Bangka Belitung yang dijalankan Erzaldi Rosman selama ini ternyata sudah mulai dirasakan masyarakat Bangka Tengah dan sekitar. Baru-baru ini, salah seorang petani lada di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bupati Bangka Tengah tersebut.

Adalah Huzli, pria 55 tahun, yang bertani di Desa Puput menyampaikan terimakasihnya kepada Erzaldi Rosman. Ia bersyukur berkat inisiatif yang luar biasa dari bupati yang dikenal peduli pada masyarakat pekebunan ladanya tumbuh subur.

"Sebagai petani, kami sangat bersyukur kepada Pemerintah Bangka Tengah, khususnya Pemerintahan Desa Puput yang terus mendukung pertanian. Kami juga berterimakasih kepada Pak Erzaldi yang konsen pada lada ini," tutur petani Desa Puput, Huzli.

Terimakasih yang Huzli ucapkan tentu bukan datang begitu saja, melainkan ia melihat dan merasakan langsung "keseriusan" Bupati Bangka Tengah yang sudah membuat terobosan penting bagi para petani tersebut.

Salah satu terobosan Erzaldi adalah penemuan vaksin yang dapat memusnahkan penyakit kuning pada tanaman lada. Erzaldi mengajak para ahli dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk bekerja sama memusnahkan penyakit kuning pada lada.

Proses berjalan mulus, setelah melakukan beberapa kali penelitian dan percobaan akhirnya ditemukan vaksin Pitosan yang dapat memusnahkan penyakit kuning pada tanaman lada. Bahkan tidak hanya itu, Erzaldi mendatangkan langsung para ahli untuk memberikan seminar dan pendampingan kepada para petani lada di Bangka Tengah.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut ternyata Erzaldi rendah hati dan menganggap apa yang dilakukannya belum terlalu besar. Ia berharap apa yang dilakukannya tersebut dapat bermanfaat nantinya untuk seluruh Bangka Belitung.

"Alhamdulillah sekarang kami dapat menemukan vaksin pembasmi penyakit kuning pada lada. Saya berharap hal yang tidak terlalu besar ini dapat bermanfaat dan dirasanya nyata oleh para petani lada di seluruh Bangka Belitung kelak," tutur bupati yang dikenal berprestasi tersebut.

Pengembangkan desa yang dilakukan Erzaldi tersebut merupakan turunan program Kampung Cerdas. Erzaldi berencana akan memberikan penyuluhan tentang lada ke desa-desa.

"Kami harap Pak Erzaldi mau terus memperhatikan kami. Kami juga berharap beliau terus memimpin, tidak hanya di

Bangka Tengah, tapi juga untuk Bangka Belitung seluruhnya. Semoga doa saya terkabul," tambah Huzli. (Adv/Doi)



Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved