Gagas Kampung Cerdas Erzaldi Banjir Pujian, Erzaldi Dinilai Pemimpin Kreatif

“Kami mohon dukungan kepada semua warga untuk mensukseskan program Kampung Cerdas,” kata Erzaldi, Rabu (5/10/2016).

Gagas Kampung Cerdas Erzaldi Banjir Pujian, Erzaldi Dinilai Pemimpin Kreatif
ist
Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman mengajak ahli dari Korea untuk mengajarkan para siswa SMK Negeri 1 Simpang Katis mengolah dan mengadaptasi teknologi tersebut untuk diterapkan di Bangka Tengah, Rabu (24/8/2016) lalu. (Ist) 

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Berbagai gagasan kreatif dan inovatif Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan, kini menuai banyak pujian dari masyarakat. Setelah sebelumnya menggagas Smart City, bupati yang juga calon Gubernur Bangka Belitung ini, kini menggagas Smart Kampung atau lebih akrab disebut Kampung Cerdas. Kampung Cerdas merupakan turunan dari Smart City.

“Kami mohon dukungan kepada semua warga untuk mensukseskan program Kampung Cerdas,” kata Erzaldi, Rabu (5/10/2016).

Kampung Cerdas adalah program pengembangan desa dengan mengintegrasikan (memadukan) antara penggunaan IT dengan kegiatan ekonomi kreatif-produktif, peningkatan pendidikan-kesehatan, pengentasan kemiskinan, melestarikan budaya (kearifan) lokal, serta meningkatkan kualitas SDM.

Menurut Erzaldi, konsep Kampung Cerdas di Bangka Tengah meliputi 5 hal, yaitu Pelayanan Publik Berbasis IT, Pemberdayaan Ekonomi, Pelayanan Kesehatan, Pengembangan Pendidikan dan Seni-Budaya, serta Peningkatan Kapasitas SDM.

“Secara garis besar ada lima hal di dalam konsep Kampung Cerdas, misalnya pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi, pelayanan kesehatan, pengembangan pendidikan dan seni-budaya, serta peningkatan kapasitas SDM,” tambah Erzaldi.
Inisiatif Erzaldi tersebut tentu didorong oleh keiinginannya yang besar untuk mendorong maju kembangnya pembangunan di Negeri Selawang Segantang.

"Pembangunan memang sudah dan terus berjalan. Konsep Kampung Cerdas merupakan perpaduan antara masyarakat, potensi desa, dan teknologi yang nantinya akan saling bersinergi untuk perkembangan Bangka Tengah yang lebih maju, menjadi daerah percontohan tidak hanya di Bangka Belitung, tapi kalau bisa di tingkat nasional," tutur Bupati yang dikenal merakyat dan berprestasi itu.

Untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas masyarakat, Erzaldi Rosman tidak tanggung-tanggung mengajak kerjasama Korea untuk pengembangan teknologi listrik tenaga surya dengan sistem terbaru. Ia mendatangkan ahli dan pengusaha dari Korea untuk mengadakan berbagai teknologi yang menunjang hal tersebut.

Tak hanya itu, Erzaldi juga mengajak ahli dari Korea untuk mengajarkan para siswa SMK Negeri 1 Simpang Katis mengolah dan mengadaptasi teknologi tersebut untuk diterapkan di Bangka Tengah.

"Sayang kalau hanya mendatangkan teknologi terbaru ini tanpa kita pelajari. Oleh karena itu, saya mengajak para guru dan siswa SMK Negeri 1 untuk bersama-sama mengembangkan dan membuat teknologi ini. Karena saya yakin, SDM di Bangka Tengah mampu belajar dan nantinya akan memotivasi untuk membuat yang lebih baik dari ini," kata Erzaldi.

Erzaldi percaya SDM yang unggul nantinya akan berpengaruh terhadap kesejahteraan dan perkembangan perekonomian masyarakat. Karena itu, sekali lagi, Erzaldi mengajak semua masyarakat untuk mendukung gagasannya itu.

"Gagasan ini tak akan berhasil dapat dukungan dan urun tangan masyarakat," tambah Erzaldi.

Guru yang hadir saat pertemuan dengan pihak Korea pun merespon dengan baik usulan yang luar biasa dari Bupati yang dikenal merakyat tersebut.

"Insya Allah kami dapat mengembangkan teknologi ini. Dukungan dari pemerintah seperti ini jadi sangat penting. Saya salut dengan beliau (Erzaldi-red)," tutur guru otomotif SMK Negeri 1, Hendroyono. (adv/Doi)

Penulis: Dody
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved