Inilah Jembatan Terpanjang Di Dunia, Panjangnya Melebihi Jarak Jakarta-Bandung

Jembatan ini menghubungkan jalan kereta api dari Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu, China.

Inilah Jembatan Terpanjang Di Dunia, Panjangnya Melebihi Jarak Jakarta-Bandung
YouTube/Happy Traveler
Danyang–Kunshan Grand Bridge disebut jembatan terpanjang di dunia, panjangnya melibihi jarak Jakarta-Bandung. 

BANGKAPOS.COM  - Danyang–Kunshan Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia saat ini. Pada Juli 2011, Guinness World Records menyatakan jembatan ini sebagai yang terpanjang di dunia.

Jembatan ini menghubungkan jalan kereta api dari Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu, China. Jembatan ini dilewati oleh kereta cepat Beijing-Shanghai.

Jambatan terpanjang di dunia ini membentang melintasi Sungai Yangtze. Pembangunan jemabatan ini dimulai dari tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010.

Sebanyak 10 ribu pekerja dikerahkan untuk membangun jembatan ini. Diperkirakan pembangunan jembatan ini memakan biaya 8,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 100 miliar.

Meski rampung pada tahun 2010, jembatan ini baru diresmikan pada 30 Juni 2011. Panjang jembatan ini yaitu 164.8 kilometer. Tinggi jembatan ini sekitar 31 meter dari atas permukaan tanah.

Selain jembatan ini, Tiongkok memiliki jembatan-jembatan lain yang jadi terpanjang di dunia. Tianjin Grand Bridge dan Weinan Weihe Grand Bridge di Tiongkok juga terpanjang nomor tiga dan empat di dunia.

Nah, bila di Indonesia, panjang jembatan itu lebih jauh ketimbang jarak Jakarta ke Bandung. Jakarta dan Bandung jaraknya hanya sekitar 150 Km.

Jembatan terpanjang di Indonesia saat ini adalah jembatan Suramadu. Jembatan Suramadu memiliki panjang lebih dari 5 Km dan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura.

Seperti ini kondisi saat melewati jembatan terpanjang di dunia ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved